Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kecemasan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTs Pada Materi Teorema Pythagoras

Barokah, Pinta Riski (2024) Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kecemasan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTs Pada Materi Teorema Pythagoras. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_Skripsi_fiks__pinta.pdf

Download (878kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan kecemasan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs pada materi teorema Pythagoras baik secara parsial ataupun silmultan. Metodologi penelitian menggunakan ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Medan dengan jumlah sampel 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang mana 30 siswa dipilih secara sengaja karena sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Data dikumpulkan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara parsial kepercayaan diri tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs dengan koefisien regresi sebesar 0,205 (20,5%), (2) secara parsial kecemasan tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs dengan koefisien regresi sebesar 0,057 (5,7%), (3) kepercayaan diri dan kecemasan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs secara bersama-sama atau simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dengan koefisien determinasi dengan nilai R Square sebesar 0,800 atau 80%. Berdasarkan pada temuan penelitian siswa dengan tingkat kepercayaan diri rendah dan sedang belum tentu memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang rendah begitupun sebaliknya. Siswa dengan tingkat kecemasan yang tinggi dan sedang belum tentu memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis yang rendah begitupun sebaliknya. Pengaruh kepercayaan diri dan kecemasan siswa kelas VIII di MTs secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika adalah sebesar 80%, sedangkan sisanya sebesar 20% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 02:37
Last Modified: 07 Feb 2025 02:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24958

Actions (login required)

View Item View Item