Pengaruh motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII di SMP Al-Washliyah 30 Medan tahun pembelajaran 2023/2024

Frisilla, Yunita (2024) Pengaruh motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII di SMP Al-Washliyah 30 Medan tahun pembelajaran 2023/2024. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab_1 (1).pdf

Download (593kB)
[img] Text
bab_2.pdf

Download (914kB)
[img] Text
bab_3.pdf

Download (697kB)
[img] Text
bab_4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab_5.pdf

Download (423kB)
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti bagaimana lingkungan sekolah dan motivasi belajar memengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII di SMP Al-Washliyah 30 Medan pada tahun pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi terdiri dari dua kelas sampel, VIII A dan VIII B. Secara keseluruhan, ada 62 responden. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di mata pelajaran IPS di SMP Al-Washliyah 30 Medan pada tahun pembelajaran 2023/2024. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP AlWashliyah 30 Medan. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai sig 0,001 < a (0,05), maka Ho ditolak, dan hipotesis kerja (Ha) diterima. 2) Terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS. Hasil analisis data lingkungan sekolah pada kolom sig adalah 0,004 < a (0,05), sehingga (Ho)3 ditolak dan hipotesis kerja (Ha)3 diterima. 3) Terdapat pengaruh motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS SMP Al-Washliyah 30 Medan. Perolehan data variabel motivasi belajar dengan tiga indikatornya tergolong cukup, dengan perolehan data persentase nilai 44%. Nilai variabel lingkungan sekolah tergolong tinggi, dengan 45%. Saran, Pihak sekolah harus melengkapi sarana dan prasaran untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 02:22
Last Modified: 07 Feb 2025 02:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24947

Actions (login required)

View Item View Item