Nur Hakim Harahap, Salamiyah (2024) Penerapan Media Film Animasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Agama Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra. Albarkah Medan Helvetia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.
![]() |
Text
COVER_MIA_compressed.pdf Download (589kB) |
![]() |
Text
BAB_I_MIA_compressed.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
BAB_II_MIA_compressed.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
BAB_3_MIA_compressed.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
BAB_4_MIA_compressed.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
BAB_5_MIA_compressed.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
CS_PDF_2024-09-06_14_15_12(1).pdf Download (112kB) |
Abstract
Penelitian ini di lakukan di RA.Al-Barkah Medan Helvetia Kota Medan, yang mana pada awal pra siklus peneliti melihat kurangnya kemampuan agama pada anak usia 5-6 tahun di RA. Al-Barkah. Hal ini di sebabkan kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran. Sehingga peneliti berinisiatif untuk melakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Media Film Animasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Agama Anak Usia 5-6 tahun di RA. Al-Barkah Medan Helvetia”. Rumusan masalah pada penelitian ini di rangkum menjadi 3 point yang mempertanyakan bagaimana keadaan kemampuan agama anak sebelum penelitian menonton film animasi, bagaimana proses pelaksanaan film animasi dalam meningkatkan kemampuan agama anak usia 5-6 tahun di RA. Al-Barkah, serta apakah kemampuan agama anak meningkat setelah menonton film animasi tersebut. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang mana penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 langkah, rancangan keempat langkah tersebut adalah: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi yang dilakukan secara bersiklus. Peneliti juga menyiapkan instrumen yang memudahkan dalam mengobservasi kemampuan agama anak. Hasil penelitian ini adalah dari 20 peserta didik, anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 2 orang yaitu 10%. Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 14 orang yaitu 70%, Mulai Berkembang ada 4 orang yaitu 20%, dan tidak ada yang Belum Berkembang (BB). Langkah-langkah yang di tempuh sehingga kemampuan agama anak meningkat adalah: Kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pemberian pengarahan aktif dilakukan pada saat kegiatan inti dan pemberian penghargaan pada saat kegiatan penutup.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 02:01 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 02:01 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24933 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |