Lubis, Fani Anggita (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (Sfae) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Berbantuan Media Pop-Up Book Di SD Al Ittihadiyah Mamiyai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (927kB) |
![]() |
Text
BAB_I.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
BAB_II.pdf Download (538kB) |
![]() |
Text
BAB_III.pdf Download (673kB) |
![]() |
Text
BAB_IV.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
BAB_V.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_compressed.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran matematika. Para pendidik tidak menggunakan model pembelajaran yang variatif, sehingga siswa mengalami kebosanan dalam proses pembelajaran. Selain itu, guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yang lebih banyak mengarahkan proses pembelajaran dari guru ke siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Desain penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan kelompok kontrol pre-test dan posttest non-ekuivalen. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dari kelas I sampai kelas VI yang berjumlah 142 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability dengan jenis purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Sampel terdiri dari dua kelas V-A dan V-B di SD Al-Ittihadiyah yang terdiri dari 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dokumentasi dan tes, yaitu pemberian pre-test dan post-test. Hasil penelitian, sebagaimana ditentukan oleh uji-t independen, menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 76,86 dengan standar deviasi 9,372. Nilai rata-rata untuk kelas kontrol adalah 67,82 dengan standar deviasi 9,926. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk siswa di kelas eksperimen yang berpartisipasi dalam model pembelajaran student facilitator and explaining menunjukkan tingkat peningkatan yang lebih tinggi dalam kinerja akademik mereka dibandingkan dengan siswa di kelas kontrol, yang menerima pengajaran konvensional. Nilai sig (2-tailed) sebesar 0,007 lebih kecil dari 0,005, yang menunjukkan bahwa ada dampak yang signifikan secara statistik dari model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap prestasi akademik siswa dalam matematika di SD Al-Ittihadiyah.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 06:15 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 04:29 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24867 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |