Nazwa Adfiani, Laili (2024) Upaya Guru Pai Dalam Mengembangkan Kemampuan Critical Thinking Siswa Di Smpn 40 Takengon Upaya Guru Pai Dalam Mengembangkan Kemampuan Critical Thinking Siswa Di Smpn 40 Takengon. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.
![]() |
Text
cover_dll.pdf Download (833kB) |
![]() |
Text
BAB_I.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
BAB_II.pdf Download (597kB) |
![]() |
Text
BAB_III.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB_IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_V.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (348kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi terhadap upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengembangkan kemampuan critical thinking siswa agar siswa menjadi lebih aktif dalam melakukan proses pembelajaran, bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dan upaya apa saja yang dilakukan guru PAI serta faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam mengembangkan critical thinking siswa kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi lapangan melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan peneliti menggunakan triagulasi sebagai salah satu bentuk pengecekan keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukakan bahwa kemampuan critical thinking siswa kelas VIII di SMPN 40 Takengon baik, hal ini dilihat ketika siswa mampu memenuhi indikator yang terdapat pada critical thinking. Upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengembangkan kemampuan critical thinking siswa diantaranya guru mengajukan pertanyaan pemantik kepada siswa, kedua memberi kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi, ketiga menggunakan metode kelompok/ kolaborasi, dan terakhir memberikan apresiasi kepada siswa. Factor pendukung guru PAI dalam mengembangkan kemampuan critical thinking ialah handphone, pelatihan/workshop, kolaborasi antar sesama guru, kreatifitas guru dan tutor sebaya. Adapun faktor penghambat diantaranya keterbatasan waktu, kemampuan siswa yang berbeda-beda, menciptakan suasana yang kondusif, dan keterbatasan akan sarana dan prasarana.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 05:09 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 05:09 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24859 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |