Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran IPS pada Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Pada Guru IPS di SD Negeri 09 Tanjung Medan Labuhanbatu Selatan)

Lubis, Nur Ainun (2022) Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran IPS pada Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Pada Guru IPS di SD Negeri 09 Tanjung Medan Labuhanbatu Selatan). Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_AI_(1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_Ai.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB_II_Ai.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB_III_Ai.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB_IV_Ai.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB_V_Ai.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA (3).pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesional guru pada pembelajaran IPS di SD Negeri 09 Tanjung Medan Labuhanbatu Selatan dan mengetahui hambatan-hambatan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran IPS di masa pandemi COVID-19 di SD Negeri 09 Tanjung Medan Labuhanbatu Selatan.Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus, penelitian yang memerlukan sebuah data seperti informasi secara deskriptif. Data primer dalam penelitian skripsi ini adalah Guru Kelas I-VI sedangkan data sekunder dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, dalam proses pengumpulan data dalam penelitian skripsi ini menggunakan tiga metode dalam pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh penulis, yaitu: 1) kompetensi profesional guru pada pembelajaran IPS di SDN 09 Tanjung Medan Labuhanbatu Selatan adalah; a) guru mampu menguasai materi pembelajaran, b) mampu mengembangkan program pelajaran, c) penguasaan metode dan strategi pembelajaran, d) mampu melaksanakan evaluasi pembelajaran, e) mampu menguasai ilmu teknologi dan komunikasi. 2) Hambatan-hambatan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran IPS di masa pandemi COVID-19 di SD Negeri 09 Tanjung Medan Labuhanbatu Selatan diantaranya: a) Keluhan pemberian tugas dan kesulitan memahami materi pelajaran, b) terkendala jaringan internet, c) siswa merasa jenuh, d) terkendala penguasaan teknologi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Feb 2025 07:30
Last Modified: 05 Feb 2025 07:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24753

Actions (login required)

View Item View Item