Nasution, Saripa Haribulan (2024) Kreativitas Guru Dalam Mengatasi Keterbatasan Media Pembelajaran IPS Di Sekolah SMP Yayasan Perguruan Bandung. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.
![]() |
Text
Caverr.pdf Download (915kB) |
![]() |
Text
BAB_I.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
BAB_II.pdf Download (424kB) |
![]() |
Text
BAB_III.pdf Download (62kB) |
![]() |
Text
BAB_IV.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
BAB_V (1).pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
Daftar_Pustaka_dan_Lampiran.pdf Download (511kB) |
Abstract
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesiapan guru dalam mengatasi keterbatasan media pembelajaran IPS di sekolah SMP yayasan perguruan bandung (2) Kreativitas guru dalam mengatasi keterbatasan media pembelajaran IPS di sekolah SMP yayasan perguruan bandung (3) Hambatan dan solusi dalam mengatasi keterbatasan media pembelajaran IPS di sekolah SMP yayasan perguruan bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis, dan teknik pengumpulan sampel dilaksanakan melalui snowball sampling, Teknk pengumpulan data di laksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik keabsahan datanya menggunakan (1) Uji Kredibilitas .(2) Uji Transferability (3) Uji Dependability (4) Uji confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) kesiapan guru dalam mengatasi keterbatasan media pembelajaran IPS, guru mepersiapkan materi pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran dimana mempersiapkan bahan ajar (sesuai dengan RPP), Tujuan pembelajara, Metode pembelajaran, Media pembelajaran dan Evaluasi. Mempersiapkan pengelolaan kelas agar kelas nyaman dan tertib. (2) kreativitas guru dalam mengatasi keterbatasan media pembelajaran IPS, guru merancang media yang menarik yang terbuat dari kertas karton, penggunaan media pembelajaran dengan powerpoint dengan alat infokus dan penggunaan metode pembelajaran dengan menggunakan metode belajar sambil bermain dan metode diskusi. (3) Hambatan dan sosuli dalam mengatasi keterbatasan media pembelajaran, hambatan guru yaitu kurangnya pengetahuan guru dalam menggunakan media, kurang terampil, kurangnya waktu dalam membuat media dan merasa nyaman dengan metode lain. Solusinya guru harus belajar secara mandiri dan mengikuti pelatihan IT.
Jenis Item: | Skripsi (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 03:37 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 03:37 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24605 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |