Implementasi Kompetensi Sosial Guru Pai Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa Smp Cerdas Murni

Yani Pasaribu, Devi (2024) Implementasi Kompetensi Sosial Guru Pai Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa Smp Cerdas Murni. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
COVER_SKRIPSIDEVI_YANI_PASARIBU.pdf

Download (964kB)
[img] Text
BAB_I_SKRIPSI_DEVI_YANI_PASARIBU.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB_II_SKRIPSI_DEVI_YANI_PASARIBU.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB_III_SKRIPSI_DEVI_YANI_PASARIBU.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB_IV_DEVI_YANI_PASARIBU.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB_V_SKRIPSI_DEVI_YANI_PASARIBU.pdf

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI_DEVI_YANI_PASARIBU_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SMP Cerdas Murni, mengetahui bagamana implementasi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter islami siswa di SMP Cerdas Murni, dan mengetahui apa saja faktor pendukung serta penghambat dalam membentuk karakter islami siswa di SMP Cerdas Murni. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Menggunakan pendekatan fenomenologis dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan model analisis deskriptif data yang peneliti kumpulkan berbentuk kata-kata atau narasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan berpanduan pada pendapat ahli yaitu Miles dan Hubberm yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi sebagai salah satu bentuk pengecekan keabsahan data yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kompetensi sosial guru PAI dalam membentuk karakter islami siswa SMP Cerdas Murni sudah cukup baik, hal ini terlihat dari komunikasi yang terjalin antara guru PAI dengan seluruh anggota masyarakat sekolah. Kompetensi sosial guru PAI di SMP Cerdas Murni sudah sesuai dengan peraturan pemerintah no 74 mengenai indikator kompetensi sosial guru. Dan melalui kompetensi sosial terbentuklah karakter islami pada diri siswa yaitu religius, rendah hati, sopan santun, jujur dan peduli sosial.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 04 Feb 2025 06:46
Last Modified: 04 Feb 2025 06:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24493

Actions (login required)

View Item View Item