Pengembangan Media Kargur Terhadap Representasi Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas 2 Di Min 7 Kota Medan

Hairani, Nurul Khoiriah (2024) Pengembangan Media Kargur Terhadap Representasi Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas 2 Di Min 7 Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SIPUSAKA_COVER_NURUL-WA0055__(2)_(1).pdf

Download (946kB)
[img] Text
BAB_I_RD_.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB_II_RD.pdf

Download (950kB)
[img] Text
BAB_III_RD.pdf

Download (809kB)
[img] Text
BAB_IV_RD.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V_RD.pdf

Download (455kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_RD-dikompresi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “PENGEMBANGAN MEDIA KARGUR TERHDAP REPRESENTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DIKELAS 2 MIN 7 KOTA MEDAN”. ditulis oleh Nurul Khoiriah Hairani, NIM 0306201102, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh (1).Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh Cara kevalidan media pembelajaran kargur untuk proses pembelajaran PPKn siswa pada kelas 2 MIN 7 Kota Medan (2).Cara kepraktisan menggunakan media kargur dalam proses pembelajaran PPKn pada siswa kelas 2 MIN 7 Kota Medan (3)Bagaimana keefektifitasan media kargur terhadap representasi siswa pada kelas 2 MIN 7 Medan? Pendekatan dari penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan ini menggabungkan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif.Adapun jenis pendekatan penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development). Penelitian dan pengembangan merupakan penelitian yang digunkan untuk menghasilkan produk tertentu,dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media karton garuda terhadap representasi siswa pada mata pelajaran PPKn dikelas 2 MIN 7 Kota Medan. Hal ini terlihat melalui Nilai rata-rata untuk ahli media, ahli bahasa,ahli materi, dan media pembelajaran dengan kategori tinggi adalah 4,5% untuk analisis angket validasi media yang diperesentasikan kepada ahli media pembelajaran.Setelah menggunakan media dalam proses pembelajaran, survey reaksi guru dan siswa mengungkap temuan kajian keperaktisan materi pembelajaran.Memiliki rata-rata kategori sangat baik sebesar 3,2%,pada angket respon guru.Selain itu, rata-rata kategori sangat baik sebesar 3,6%. Diperoleh dari siswa

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 03 Feb 2025 04:15
Last Modified: 11 Feb 2025 04:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24420

Actions (login required)

View Item View Item