Butarbutar, Anindya Khaira (2024) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Pemahaman Self-Control Siswa Kelas XII di SMA Negeri 1 Labuhan Deli. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
Cover_Anindya.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB_I.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text
BAB_II.pdf Download (799kB) |
![]() |
Text
BAB_III.pdf Download (498kB) |
![]() |
Text
BAB_IV.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
BAB_V.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
daftar_pustaka_compressed.pdf Download (777kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pemahaman self-control siswa disekolah SMA Negeri 1 Labuhan Deli. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada fenomena yang terjadi di SMA Negeri 1 Labuhan Deli bahwa terdapat siswa yang memiliki pemahaman self-control yang cenderung rendah. Fenomena yang terjadi seperti sikap dalam bergaul dengan teman-temannya yang salah atau kurang memiliki etika seperti penggunaan kata-kata yang tidak baik dan kasar, tidak menghargai teman dan personil sekolah lainnya serta kurangnya kemampuan siswa dalam mengelola emosinya, tidak bisa menolak semua ajakan teman baik itu positif atau negatif untuknya, dan rata-rata siswa belum memiliki pandangan tentang masa depannya kelak atau belum memiliki cita-cita. Melalui layanan bimbingan kelompok diharapkan pemahaman self-control yang dimiliki siswa dapat meningkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental (eksperimen semu) dan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 3 dengan jumlah populasi sebanyak 32 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive, data penelitian ini diambil menggunakan angket self-control dengan jumlah 55 item pernyataan yang telah valid, kemudian data dianalisis menggunakan SPSS for window. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 168,94 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah 152,81. Data pada penelitian ini berdistribusi normal dengan nilai 0,101 > 0,05 pada kelas eksperimen dan 0,200 > 0,05 pada kelas kontrol, dan bersifat homogen dengan nilai Sig. 0,847 > 0,05, maka dilakukan analisis data dengan uji “Independent Samples Test” diketahui nilai Sig. (2-tailed) “Equal variances assumed” adalah 0,028 < 0,05. Berdasarkan analisis data dengan uji independent sample t-test diketahui nilai sig.(2-tailed) adalah 0,028 < 0,05 maka disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan kata lain bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pemahaman self-control siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 02:41 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 02:41 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24395 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |