Analisis Pelayanan Lapak Asik Dalam Sistem Klaim Jaminan Hari Tua Dibadan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Ketenagakerjaan Cabang Kota Padang Sidempuan

Wahyuli Manik, Risnainun (2024) Analisis Pelayanan Lapak Asik Dalam Sistem Klaim Jaminan Hari Tua Dibadan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Ketenagakerjaan Cabang Kota Padang Sidempuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
CAVER.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB_I (5).pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB_II (5).pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB_III (6).pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB_IV (4).pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB_V (5).pdf

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN (3).pdf

Download (811kB)

Abstract

Risnainun Wahyuli Manik, NIM 0505182077 “Analisis Pelayanan Lapak Asik dalam Sistem Klaim JHT pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Padang Sidempuan”. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Muhammad Arif, MA selaku pembimbing skripsi I dan Bapak Muhammad Ikhsan Harahap M.E.I. selaku pembimbing skripsi II. Pelaksanaan sistem klaim Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidempuan memiliki beberapa hambatan salah satunya kurangnya pemahaman peserta mengenai sistem klaim JHT yang mengakibatkan kurang efektifnya pemanfaatan sistem klaim yang disediakan melalui Lapak Asik oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Padang Sidempuan. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat bagaimana gambaran pelaksanaan klaim JHT di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidempuan. Metode penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang telah dilakukan dengan cara wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sistem klaim Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Padangsidempuan belum sesuai dengan peraturan yang sudah ada. Hal ini disebakan karena banyak peserta yang melakukan klaim JHT tapi titak melampirkan persyaratan seperti surat keterangan berhenti bekerja, sehingga peserta mengalami kegagalan dalam melakukan klaim JHT nya. Untuk pemanfaatan sistem klaim JHT di Lapak Asik kurang efektif. Hal ini disebabkan karena masih banyak peserta yang melakukan klaim langsung datang ke Kantor Cabang. Padahal melalui Lapak Asik lebih mengefesiensi waktu peserta.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 03 Feb 2025 02:49
Last Modified: 03 Feb 2025 02:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24389

Actions (login required)

View Item View Item