"Analisis Karakter Sosial Siswa Kelas VIII Penggemar Korean POP (K-POP) Dalam Menerapkan Nilai Pembelajaran IPS DI SMP NEGERI 43 MEDAN

Risnanti, Tiara (2024) "Analisis Karakter Sosial Siswa Kelas VIII Penggemar Korean POP (K-POP) Dalam Menerapkan Nilai Pembelajaran IPS DI SMP NEGERI 43 MEDAN. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
cover (1).pdf

Download (907kB)
[img] Text
2__BAB_I (1).pdf

Download (490kB)
[img] Text
3__BAB_II (1).pdf

Download (725kB)
[img] Text
4__BAB_III (1).pdf

Download (314kB)
[img] Text
5__BAB_IV (1).pdf

Download (616kB)
[img] Text
6__BAB_V (1).pdf

Download (273kB)
[img] Text
7__PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Analisis Karakter Sosial Siswa Kelas VIII Penggemar K-pop dalam Menerapkan Nilai Pembelajaran IPS di SMP Negeri 43 Medan". Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak minat terhadap Kpop terhadap karakter sosial siswa dan bagaimana pengaruh tersebut diterapkan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat terhadap K-pop membawa dampak positif dan negatif terhadap karakter sosial siswa. Dampak positif mencakup peningkatan empati dan kepedulian sosial, pengembangan keterampilan komunikasi dan kerja sama, peningkatan rasa kepemilikan dan identitas sosial, serta peningkatan keterlibatan sosial dan ekstrakurikuler. Siswa yang aktif dalam komunitas K-pop menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam mendukung dan memahami teman-teman mereka, berkomunikasi secara efektif, bekerja sama dalam tim, dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial di sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 03 Feb 2025 01:54
Last Modified: 03 Feb 2025 01:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24372

Actions (login required)

View Item View Item