Risnanti, Tiara (2024) "Analisis Karakter Sosial Siswa Kelas VIII Penggemar Korean POP (K-POP) Dalam Menerapkan Nilai Pembelajaran IPS DI SMP NEGERI 43 MEDAN. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.
![]() |
Text
cover (1).pdf Download (907kB) |
![]() |
Text
2__BAB_I (1).pdf Download (490kB) |
![]() |
Text
3__BAB_II (1).pdf Download (725kB) |
![]() |
Text
4__BAB_III (1).pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
5__BAB_IV (1).pdf Download (616kB) |
![]() |
Text
6__BAB_V (1).pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
7__PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul "Analisis Karakter Sosial Siswa Kelas VIII Penggemar K-pop dalam Menerapkan Nilai Pembelajaran IPS di SMP Negeri 43 Medan". Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak minat terhadap Kpop terhadap karakter sosial siswa dan bagaimana pengaruh tersebut diterapkan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat terhadap K-pop membawa dampak positif dan negatif terhadap karakter sosial siswa. Dampak positif mencakup peningkatan empati dan kepedulian sosial, pengembangan keterampilan komunikasi dan kerja sama, peningkatan rasa kepemilikan dan identitas sosial, serta peningkatan keterlibatan sosial dan ekstrakurikuler. Siswa yang aktif dalam komunitas K-pop menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam mendukung dan memahami teman-teman mereka, berkomunikasi secara efektif, bekerja sama dalam tim, dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial di sekolah.
Jenis Item: | Skripsi (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 01:54 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 01:54 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24372 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |