Zahara, Dila (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
1__COVER_DILA.pdf Download (775kB) |
![]() |
Text
BAB_I_Dila.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
BAB_II_Dila.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
BAB_III_Dila.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text
BAB_IV_Dila.pdf Download (397kB) |
![]() |
Text
BAB_V_Dila.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA_Dila_Zahara.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Project Based Learning pada kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA materi rangkaian Listrik sederhana di kelas V SDIT Nuruz Zaini Kabupaten Langkat. Pendekatan pembelajaran di kelas yang masih terlalu teoritis dan berfokus pada peran guru (teacher centered) menyebabkan kemampuan berpikir kritis yang rendah pada peserta didik. Fokus dari model pembelajaran Project Based Learning adalah menyelesaikan masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari yang menitik beratkan pada kegiatan fisik peserta didik. Penelitian ini menerapkan metode Quasy Experiment. Dalam penelitian ini kelas eksperimen maupun kelas kontrol dipilih tidak secara random sehingga desain dalam penelitian ini berbentuk desain Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Fokus penelitian yaitu populasi siswa kelas V pada SDIT Nuruz Zaini Kabupaten Langkat. Metode dalam penelitian ini memilih sampel berdasarkan pertimbangan khusus, kelas V-A merupakan kelas eksperimen dalam penelitian ini, sementara kelas V-B adalah kelas kontrol. Berdasarkan temuan dari penelitian yang telah di lakukan pada SDIT Nuruz Zaini Kabupaten Langkat pada tahun ajaran 2023/2024, dalam pelajaran IPA model pembelajaran proyek telah terbukti memberikan pengaruh signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa. Hipotesis (Ho) ditolak karena analisis uji independent simple t-test menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,00, lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 07:09 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 07:09 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |