Pengembangan Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah

Hasibuan, Muthia Arini (2024) Pengembangan Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_Muthia_Arini_Hasibuan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_1_Muthia_Arini_Hasibuan.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB_2_Muthia_Arini_Hasibuan.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB_3_Muthia_Arini_Hasibuan.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB_4_Muthia_Arini_Hasibuan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_5_Muthia_Arini_Hasibuan.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Dapus__Muthia_Arini_Hasibuan_.pdf

Download (855kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VI. Penelitian ini berdasarkan beberapa permasalahan yaitu peserta didik yang tidak mengerti tentang pembahasan materi pembelajaran karena matematika dianggap membosankan dan sulit menghafal rumus-rumus. Sehingga membuat peserta didik tidak dapat memecahkan permasalahan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD) dengan menggunakan model penelitian 4D. Sampel dari penelitian ini berjumlah 25 peserta didik, dengan langkah pertama tidak menggunakan video animasi dan langkah kedua menggunakan video animasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes (essay) dan juga angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan sebesar 92% kategori “sangat valid”, tingkat kepraktisan sebesar 92% kategori “sangat praktis”, dan tingkat keefektifan sebesar 88,52% kategori “efektif”. Hasil ini juga dilihat dari pretest dengan nilai rata-rata 34 dan posttest dengan nilai rata-rata 92, sehingga nilai rata-rata N-Gain Score adalah 88,52%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran video animasi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VI MI/SD.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 23 Jan 2025 02:45
Last Modified: 23 Jan 2025 02:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23772

Actions (login required)

View Item View Item