Penerapan Permainan Boneka Tangan Dalam Mengembangkan Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Ditk Aisyiyahbustanul Athfa l14 kecamatan medan perjuangan

Annisa, Mutiara (2022) Penerapan Permainan Boneka Tangan Dalam Mengembangkan Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Ditk Aisyiyahbustanul Athfa l14 kecamatan medan perjuangan. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_Mutiara_Annisa.pdf

Download (653kB)
[img] Text
BAB_I_SKRIPSI_WATERMARK_(MUTIARA_ANNISA).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_II_SKRIPSI_WATERMARK_(MUTIARA_ANNISA)_compressed.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB_III_SKRIPSI_WATERMARK_(MUTIARA_ANNISA)_compressed.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB_IV_SKRIPSI_WATERMARK_(MUTIARA_ANNISA)_compressed_(1).pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB_V_SKRIPSI_WATERMARK_(MUTIARA_ANNISA).pdf

Download (455kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_SKRIPSI_WATERMARK_(MUTIARA_ANNISA)_compressed_(1).pdf

Download (325kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun khususnya dengan penerapan permainan boneka tangan di TK Bustanul Athfal 14 medan perjuangan, metode penelitian pada skripsi ini adalah menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan 4 informan penelitian yaitu 1 kepala sekolah, 2 guru sebagai informan kunci, 10 murid sebagai informan utama dan informan tambahan yaitu 2 wali murid, penerapan permainan boneka tangan untuk perkembangan bahasa anak, hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa penerapan boneka tangan cukup berdampak dalam pengembangan tata bahasa anak, pembendaharaan kata dan perkembangan kognitif dan mental, adanya pembagian kategori gender maka perubahan dan perkembangan bahasa yang sangat signifikan dirasakan oleh gender perempuan perubahan yang signifikan itu contohnya siswi khususnya perempuan lebih cepat untuk mengingat dan merekam kata-kata yang disampaikan oleh guru lewat media permainan boneka tangan, kata-kata yang diperoleh juga kompleks dan sulit seperti menghafal doa, hadist dan Pancasila, Pengembangan bahasa anak adalah upaya untuk menumbuhkan keterampilan dalam berbahasa dan berkomunikasi dengan baik dengan memberikan pengalaman belajar, pengetahuan dan motivasi melalui program kegiatan metode pembelajaran penerapan permainan boneka tangan dengan memberikan peningkatan di dalam pengembangan bahasa melalui metode bercerita, metode kata-kata yang kosong, metode tanya jawab, metode sambung kata dan metode pemberian tugas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 17 Jan 2025 01:56
Last Modified: 17 Jan 2025 01:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23363

Actions (login required)

View Item View Item