PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP LITERASI NUMERASI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA GAJAH MADA

Salsabila, Shakila (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP LITERASI NUMERASI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA GAJAH MADA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COver.pdf

Download (543kB)
[img] Text
satu_pdf.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (287kB)
[img] Text
tiga_pdf.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (272kB)
[img] Text
lima_pdf.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Daftar pusaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII Smp Swasta Gajah Mada “ yang dilatar belakangi bahwa literasi numerasi siswa belum optimal sehingga siswa kurang mampu dalam menguasai materi dengan baik. Faktor dari rendahnya literasi numerasi siswa disebabkan oleh siswa dan guru. Faktor dari siswa yaitu, kurangnya minat siswa dalam belajar matematika sehingga materi tidak dikuasai dengan baik dan matang. Kurangnya kreativitas guru dalam memilih model pembelajaran sehingga menyebabkan suasana belajar yang tidak dua arah anatara guru dan siswa, siswa juga terlihat kurang aktif. Mengakibatkan siswa kesulitan dalam memahami materi dengan baik. Metodologi penelitian ini menggunakan kuantitatif jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan uji posttest didua kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, VIII B, VIII C di SMP Swasta Gajah Mada dengan total 80 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII B, dan VIII C. Teknik pengambilan sampel data dilakukan dengan menggunakan Teknik cluster random sampling. Analisis data dilakukan dengan uji posttsest dikedua kelas. Berdasarkan hasil penelititian dapat disimpulkan bahwa “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII Smp Swasta Gajah Mada”. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes literasi numerasi . Analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi pada model pembelajaran flipped classroom lebih tinggi dari pada literasi numerasi tanpa menggunakan model pembelajaran flipped classroom. Dengan demikian, model pembelajaran flipped classroom berpengaruh terhadap literasi numerasi siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir statistik siswa. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Sumatera Barat, 4(1), 142–150. Rusnilawati, R., Hidayat, M. T., Hazima, A. A., Tadzkiroh, U., Kusuma, R. R., Putri, R. S., Nugroho, S., & Sujalwo, S. (2023). Pelatihan Flipped Learning dengan Pendekatan STEM di SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 108–122. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.21107 Saeputri, A., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Pendekatan PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 15–23. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i1.507 Sahir, S. H. (2022). Metode Penelitian. PENERBIT KBM INDONESIA. Salsabilah, A. P., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau dari Efikasi Diri pada Peserta Didik SMP. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(02), 138–149. https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i02.18429 Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890 Savitri, O., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7242–7249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3457 Sihaloho, W., Tanjung, D. R., Harahap, S. A., Barus, A., Ningsih, S. P., & Rohali, A. (2023). Pendidikan dan Perubahan Sosial. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 829–841. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.4270 Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan, U. I. (2019). Pentingnya Konsep Dasar Matematika pada Kehidupan Sehari-Hari Dalam Masyarakat. Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan, 2(3), 1–10. https://osf.io/zd8n7/download Walidah, Z., Wijayanti, R., & Affaf, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom ( FC ) terhadap Hasil Belajar The Effect of Learning Model Flipped Classroom ( FC ) on Learning Outcomes. Edumatica |Jurnal Pendidikan Matematika, 10(September).
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 15 Jan 2025 08:49
Last Modified: 15 Jan 2025 08:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23262

Actions (login required)

View Item View Item