Pengaruh Ekstrakurikuler Tilawah Alquran terhadap Prestasi Belajar Alquran Hadis Siswa Kelas X Agama Madrasah Aliyah Negeri Lima Puluh Kabupaten Batubara

Ramadan, Dani (2021) Pengaruh Ekstrakurikuler Tilawah Alquran terhadap Prestasi Belajar Alquran Hadis Siswa Kelas X Agama Madrasah Aliyah Negeri Lima Puluh Kabupaten Batubara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_Dani_(1).pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB_I_Dani_(3).pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB_II_Dani_(2).pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB_III_Dani_(2).pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB_IV_Dani_(2).pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB_V_Dani_(2).pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAK_Dani_(2).pdf

Download (758kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk MengetahuiEkstrakurikuler Tilawah AlquranKelas X Agama di Madrasah AliyahNegeri Lima Puluh Kabupaten Batubara, Untuk Mengetahui Prestasi Belajar Alquran Hadis Siswa Kelas X Agama di Madrasah AliyahNegeri Lima Puluh Kabupaten Batubara dan Untuk Mengetahui Pengaruh Ekstrakurikuler Tilawah Alquran Terhadap Prestasi Belajar Alquran Hadis Siswa KelasX Agama di Madrasah AliyahNegeri Lima Puluh Kabupaten Batubara. Ekstrakurikuler Tilawah Alquran erat kaitannya dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis, misalnya: Materi Pembelajaran tentang Mencintai Alquran Hadis maka didalam materi ini siswa akan diajarkan cara menerapkan mencintai Alquran Hadis kepada diri sendiri dikehidupan sehari-hari, sehingga terbentuk kepribadian yang sholeh. Metode yang sering digunakan dalam pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Aliyah Negeri Lima Puluh Batubara adalah Metode Ceramah, Metode Diskusi dan Metode Tanya Jawab. Meskipun penggunaan Metode Ceramah, Metode Diskusi dan Metode Tanya Jawab tidak secara tuntas dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, namun ketiga metode tersebut cukup efektif meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran Alquran Hadis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif dengan penggunaan rumus uji validitas, reliabilitas dan korelasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya dan signifikasinya. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa terdapat Pengaruh Ekstrakurikuler Tilawah Alquran dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Alquran Hadis. Penelitian ini diperoleh sesuai dengan hasil SPSS, baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% atau rhitung = 0.947 > rtabel = 0.325. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Ekstrakurikuler Tilawah Alquran dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Tilawah Alquran, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Alquran Hadis
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:48
Last Modified: 27 Dec 2023 08:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22001

Actions (login required)

View Item View Item