MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 21 KOTA TEBING TINGGI

Nazri, Elfin (2023) MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 21 KOTA TEBING TINGGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img] Text
1-_Cover_Dll_.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2-_BAB_I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
3-BAB_II.pdf

Download (559kB)
[img] Text
4-_BAB_III.pdf

Download (304kB)
[img] Text
5-_BAB_IV.pdf

Download (510kB)
[img] Text
6-_BAB_V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
7-_DAFTAR_PUSTAKA_DST.pdf

Download (743kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam pembentukan karakter peserta didik yaitu kegiatan ekstrakurikuler dalam pendidikan karakter yang sangat penting untuk mendapatkan pengalaman langsung. Peserta didik terlibat secara aktif dan menyediakan cukup waktu diluar jam efektif pelajaran sehingga pendidikan nilai lebih terakomodasi melalui aktiftas kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 21 Kota Tebing Tinggi dengan adanya dua sumber data yaitu data sekunder dan primer dengan teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan kemudian verifikasi data. Untuk mengecek keabsahan data teknik yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber, triangulasi metode, dan juga triangukasi teori. Hasil penelitian ini mengungkapkan temuan: 1) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam pembentukan karakter peserta didik, 2) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam pembentukan karakter peserta didik, 3) penilaian kegiatan ekstrakurikuler dalam pembentukan karakter peserta didik. Disimpulkan bahwa, dalam proses perencanaan kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan melalui apa yang ditargetkan oleh pihak sekolah. Pelaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dilakukan setiap hari senin s.d sabtu diluar jam sekolah dan tidak mengganggu kegiatan proses belajar mengajar didalam kelas yang sedang berlangsung sehingga siswa bisa tetap mengikuti minat dan bakat yang mereka miliki. Dalam kegiatan ekstrakurikuler pelaksanaan telah ditetapkan dan diatur oleh Pembina. Kegiatan ekstrakurikuler metode baru atau memperbaiki metode lama, dan juga memberikan motivasi berupa kritik dan saran yang disampaikan pembinan dengan siswa

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Andika Putera Inshani
Date Deposited: 14 Dec 2023 08:58
Last Modified: 14 Dec 2023 08:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21268

Actions (login required)

View Item View Item