Pengembangan Media Busy Book Dalam Mengembangkan Bahasa dan Kreativitas Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Nurul Ahmad Kota Subulussalam

Darmila, Lilis (2023) Pengembangan Media Busy Book Dalam Mengembangkan Bahasa dan Kreativitas Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Nurul Ahmad Kota Subulussalam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (943kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Tahapan pengembangan media pembelajaran busy book dalam mengembangkan bahasa dan kreativitas anak usia dini di TK Islam Nurul Ahmad. (2) Kelayakan media, (3) Keparktisan media, dan (4) Efektifitas media pembelajaran busy book dalam mengembangkan bahasa dan kreativitas anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Pengembangan dengan pendekatan Model 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, dkk yang merupakan perpanjangan dari 4D Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun. Instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pengembangan media pembelajaran busy book terlebih dahulu dilakukan dengan tahap pendefenisian awal, peserta didik dan tujuan pembelajaran (define), kemudian melakukan tahap desain (design). Produk yang dihasilkan sebagai media pembelajaran dipergunakan untuk memfasilitasi peserta didik dalam belajar. (2) kelayakan media memperoleh nilai validasi dari ahli materi sebesar 87,5% dengan kategori layak dan nilai dari validator ahli media sebesar 92% dengan kategori sangat layak. (3) Dari sisi kepraktisan memperoleh nilai sebesar 93% dengan kategori sangat prakris, (4) Efektifitas media diperoleh dengan metode eksperimen yaitu membandingkan pretest dan posttes kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh nilai

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media, Busy Book, Perkembangan Bahasa, Perkembangan Kreativitas
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 628 Sanitary and municipal engineering
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Sella Octavia
Date Deposited: 08 Dec 2023 08:38
Last Modified: 08 Dec 2023 08:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21142

Actions (login required)

View Item View Item