Penerapan Aplikasi Game Timeline dalam Pembelajaran IPS pada Materi Kondisi Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan di MTs Muhammadiyah Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil

Audina, Mia (2022) Penerapan Aplikasi Game Timeline dalam Pembelajaran IPS pada Materi Kondisi Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan di MTs Muhammadiyah Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
MIA.pdf

Download (845kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Gunung Meriah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). 2) Hasil belajar siswa yang di ajarkan menggunakan media pembelajaran berbasis Aplikasi Game Timeline pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi Kondisi Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan di kelas VIII MTs Muhammadiyah Gunung Meriah. 3) Pengaruh dan kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran terhadapa hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research And Development (R&D) dengan menerapakan prosedur pengembangan yang penulis lakukan disesuaikan dengan model pengembangan ADDIE, adapun tahapan-tahapannya yaitu: Analisis (analysis), desaim (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen penelitian berupa wawancara, angket dan hasil belajar. Data di peroleh dari hasil angket yang diberikan kepada ahli media dan ahli materi kemudia di validasi, dan hasil belajar siswa melalui pre-test dan post-test untuk menentukan kelayakan sebuah media pembelajaran berbasis aplikasi. Hasil dari penelitian yang dikembangkan dan dilakukan memperoleh hasil yang dapat diketahui: Media pembelajaran berbasis aplikasi Game Timeline yang sederhana untuk digunakan dengan waktu pembelajaran yang singkat pada masa Covid-19. Produk media pembelajaran berbasis Aplikasi Game Timeline yang telah dikembangkan sangat layak digunakan dilihat dari uji validasi ahli media diperoleh nilai persentase 95,83% dapat dikatakan sangat layak dan uji validasi ahli materi diperoleh nilai persentase 100% juga dikatakan sangat layak untuk digunakan. Dari hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi diperoleh nilai persentase ketuntasan klasikal yang menunjukan bahwa 95,45% peserta didik tuntas dalam pembelajarannya, dilakukan perhitungan menggunakan rumus Uji Normalitas Gian yaitu 0,815 dapat juga dikatakan atau dibulatkan menjadi 0,82. Peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan kategori interpretasi indeks Gian Ternomalisasi 0.70<g<1.00 tergolong tinggi. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Game Timeline layak dan efektif untuk di gunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Materi Kondisi Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 31 Aug 2023 01:45
Last Modified: 31 Aug 2023 01:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20298

Actions (login required)

View Item View Item