Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa dengan Menggunakan Model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) di Kelas IV MIS NU Pasar Batu Gerigis

Sitanggang, Sahri Rahmadana (2023) Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa dengan Menggunakan Model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) di Kelas IV MIS NU Pasar Batu Gerigis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_Sahri.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB_I_Sahri.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB_II_Sahri.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB_III_Sahri.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB_IV_Sahri.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB_V_Sahri.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_Sahri.pdf

Download (843kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa dengan Menggunakan Model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) di Kelas IV MIS NU Pasar Batu Gerigis”, sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keterampilan membaca siswa pada pembelajaran bahasa indonesia sebelum menggunakan model CIRC, (2) Penerapan model CIRC dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa pada pembelajaran bahasa indonesia, (3) Keterampilan membaca siswa pada pembelajaran bahasa indonesia setelah menggunakan model CIRC. Metode yang digunakan peneliti dalam penulisan ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di MIS NU Pasar Batu Gerigis Kecamatan Barus. Penelitian ini dilakukan bersiklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS NU Pasar Batu Gerigis T.P 2022/2023 yang berjumlah 26 orang siswa, 16 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan membaca siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada mata pelajaran bahasa indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu dengan menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di MIS NU Pasar Batu Gerigis menunjukkan bahwa: 1) Keterampilan membaca siswa sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC belum memuaskan dimana hanya 6 siswa dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 23% dengan nilai rata-rata 4,4. 2) Keterampilan membaca siswa setelah menggunakan model pembelajaran CIRC pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebanyak 14 siswa dengan persentase ketuntasan klasikal 54% dengan nilai rata�rata 6,0. Selanjutnya pada siklus II keterampilan membaca siswa lebih meningkat lagi, dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa dengan persentase ketuntasan klasikal 85% dengan nilai rata-rata 8,2. Berdasarkan hasil di atas, hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC pada pembelajaran bahasa indonesia mampu meningkatkan keterampilan membaca siswa pada kelas IV MIS NU Pasar Batu Gerigis yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal 85% dan dapat dinyatakan tuntas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:53
Last Modified: 21 Aug 2023 01:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20265

Actions (login required)

View Item View Item