Ridho, M. Yassir (2023) Efektivitas Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MTsN 3 Mandailing Natal Kecamatan Sinunukan Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
cover watermmark.pdf Download (708kB) |
|
Text
BAB I watermark.pdf Download (647kB) |
|
Text
BAB II watermark.pdf Download (593kB) |
|
Text
BAB III water mark.pdf Download (260kB) |
|
Text
BAB IV watermark.pdf Download (877kB) |
|
Text
bab v watermark.pdf Download (243kB) |
|
Text
daftar pustaka watermark.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peran guru dalam mengelola kelas di MTsN 3 Mandiling Natal, 2) peran kepala madrasah sebagai fasilitator di MTsN 3 Mandailing Natal, 3) untuk mengetahui potensi fasilitas dalam mendukung pembelajaran di MTsN 3 Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTsN 3 Mandailing Natal Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data yaitu dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) peran guru dalam melaksanakan manajemen kelas atau pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 3 Mandailing Natal sudah dikatakan baik, karena guru-gurunya sudah melakukan atau melaksanakan pengelolaan kelas dengan baik contohnya seperti guru sudah menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan, menciptakan lingkungan kelas yang bersih, mengatur formasi tempat duduk siswa, menciptakan interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa dengan baik, menerapkan disiplin, menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran siswa, serta menggunaka media pembelajaran. 2) peran kepala madrasah sebagai fasilitator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 3 Mandailing Natal sudah dikatakan baik, karena sebagai kepala madrasah sebagai fasilitator beliau sudah memberikan fasilitas dan pelayanan yang memadai serta memberikan pengawasan dan bimbingan. 3) potensi fasilitas mendukung manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 3 Mandaailing Natal masih kurang/minim, karena fasilitas yang ada di madrasah masih terbatas seperti kurangnya alat penunjang pembelajaran seperti spidol, tinta spidol, rol panjang, penghapus, kurangnya persediaan buku di perpustakaan sebagai sumber belajar, dan media-media pembelajaran.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Manajemen Kelas, Meningkat Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 08:03 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 08:03 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20065 |
Actions (login required)
View Item |