Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Akhlak Bagi Siswa Kelas VIII MTs PAB 1 Helvetia.

Rifai, Ahmad (2022) Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Akhlak Bagi Siswa Kelas VIII MTs PAB 1 Helvetia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_Ahmad_Rifai.pdf

Download (823kB)
[img] Text
BAB_I_AR.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB_II_AR.pdf

Download (756kB)
[img] Text
BAB_III_AR.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB_IV_AR.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB_V_AR.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_AR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui metode apa yang digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai Pendidikan akhlak bagi siswa kelas VIII MTsPAB 1 Helvetia, 2) Untuk mengetahui bagaimana bentuk penerapan metode pembiasaan yang dilakukan guru dalam mengajarkan nilai Pendidikan akhlak bagi siswa kelas VIII MTsPAB 1 Helvetia, 3) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru mengatasi kesulitan dalam mengajarkan Pendidikan akhlak bagi siswa kelas VIII MTsPAB 1 Helvetia. Penelitian ini dilaksanakan di MTsPAB 1 Helvetia.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan induktif, dan pengumpulan data yaitu menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode yang digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai pendidikan akhlak bagi siswa kelas VIII MTs PAB 1 Helvetia ada beberapa metode, tetapi yang sering digunakan adalah dengan metode pembiasaan. (2) Bentuk penerapan metode pembiasaan yang dilakukan guru dalam menanamkan nilai pendidikan akhlak bagi siswa kelas VIII MTs PAB 1 Helvetia berjalan dengan baik, dengan memberikan contoh yang dimulai dari guru itu sendiri dan berkelanjutan dicontoh oleh siswa. (3) Upaya guru mengatasi kesulitan dalam menanamkan pendidikan akhlak bagi siswa kelas VIII MTs PAB 1 Helvetia yakni, menasehati, mengajak dan selalu memberikan contoh yang baik agar dicontoh oleh siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penerapan metode pembiasa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:21
Last Modified: 17 Jul 2023 04:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19996

Actions (login required)

View Item View Item