Pengaruh Media Pembelajaran Kalender Cerita Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas 3 SD Muhammadiyah 02 Aek Kanopan

Astuti, Anggi Widya (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Kalender Cerita Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas 3 SD Muhammadiyah 02 Aek Kanopan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi anggi widya astuti COVER.pdf

Download (997kB)
[img] Text
Skripsi anggi widya astuti bab I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Skripsi anggi widya astuti bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
Skripsi anggi widya astuti bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
Skripsi anggi widya astuti bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
Skripsi anggi widya astuti bab V.pdf

Download (377kB)
[img] Text
Skripsi anggi widya astuti Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. Mengetahui hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA tanpa menggunakan Media Pembelajaran Kalender Cerita di Kelas 3 SD Muhammadiyah 02 Aek Kanopan. 2. Mengetahui hasil belajar siswa pada Mata Pelajaram IPA dengan menggunakan Media Pembelajaran Kalender Cerita di Kelaa 3 SD Muhammadiyah 02 Aek Kanopan. 3. Mengetahui terdapat pengaruh yang signifikan dalam menggunaan Media Pembelajaran Kalender Cerita terhadap hasil belajar siswa kelas 3 SD Muhammadiyah 02 Aek Kanopan. Metedologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif ini merupakan pendekatan penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data-data yang ada di lapangan berupa dokumentasi maupun instrumen penelitian. pendekatan kuantitatif ini bertujuan untuk mendapatkan data yang kongkrit dan data yang tetap. Jenis penelitian yang digunakan dalam jenis penelitian Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Jenis penelitian quasi eksperimen ini merupakan jenis penelitian yang membandingkan dua kelompok sampel yaitu antara kelas eksperimen dan kelas control. Temuan penelitian ini sebagai berikut : 1. Hasil belajar IPA pada kelas kontrol (3-A) tanpa menggunakan metode konvensional diperoleh nil;ai rata-rata 37,45. 2. Hasil belajar IPA pada kelas eksperimen (3-B) dengan menggunakan media pembelajaran kalender cerita diperoleh nilai rata-rata Pretest 46,00 sedangkan Post-test 85,72. Berdasarkan hasil rata-rata post test bahwa pembelajaran menggunakan media pembelajaran kalender cerita memiliki hasil belajar yang lebih baik. 3. Berdasarkan Uji statistik t pada post test bahwa di peroleh thitung >ttabel 6,989>2.024 (n=20) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan terima Ha dan tolak Ho . maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kalender cerita berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA kelas 3 di SD Muhammadiyah 2 Aek Kanopan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Kalender Cerita, Hasil belajar IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 May 2023 04:48
Last Modified: 09 May 2023 04:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19120

Actions (login required)

View Item View Item