Panjaitan, Nuraini (2023) Pengaruh Literasi Digital Pada Pembelajaran IPS Terhadap Kempuan Berfikir Kritik Siswa Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
![]() |
Text
COVER (2).pdf Download (444kB) |
![]() |
Text
BAB I (1).pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB II (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V (1).pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Download (803kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh literasi digital pada pembelajaran IPS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengolahan datanya dalam bentuk angka. Populasi yang digunakan peneliti adalah populasi terbatas (terhingga) yaitu kelas VIII. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Analisis data yang digunakan memakai uji regresi linier sederhana, uji normalitas, uji liniearitas dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar -1,543 sementara nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan N= 30 maka diperoleh ttabel sebesar 2,048. Kemudian variabel literasi digital memiliki tingkat signifikansi 0,134 > 0,05 yang artinya tidak signifikan. Jadi diperoleh nilai thitung < ttabel yaitu -1,543 < 2,048 maka Ha ditolak dan H0 diterima. Artinya nilai signifikansi pada regresi liniear sederhana menunjukkan nilai sebesar 0,134 > 0,05. Maka hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh literasi digital pada pembelajaran IPS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran ditolak, yang berarti bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi digital pada pembelajaran IPS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran. Sehingga dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa tidak terdapat pengaruh literasi digital pada pembelajaran IPS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Digital, Pembelajaran IPS, Berpikir Kritis |
Subjects: | 000 Generalities > 020 Library and information sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 04:20 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 04:48 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18732 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |