Peran Strategis Kepala Madrasah Dalam Optimalisasi Pembelajaran Oleh Guru di MTs PAB 2 Sampali Deli Serdang

Aini, Nuranisa (2022) Peran Strategis Kepala Madrasah Dalam Optimalisasi Pembelajaran Oleh Guru di MTs PAB 2 Sampali Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover Skripsi Nuranisa Aini.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Skripsi Nuranisa Aini.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB II Skripsi Nuranisa Aini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III Skripsi Nuranisa Aini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi Nuranisa Aini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Skripsi Nuranisa Aini.pdf

Download (237kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN Skripsi Nuranisa Aini.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peran Strategis Kepala Madrasah Dalam Optimalisasi Pembelajaran oleh Guru di Madrasah Tsanawiyah Perkumpulan Amal Bakti (PAB) 2 Sampali Deli Serdang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana peran seorang kepala madrasah dalam mengoptimalkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan bagaimana seorang kepala madrasah menjadi seorang supervisor atas implementasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru di Madrasah Tsanawiyah PAB 2 Sampali Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh di lapangan menggunakan analisis data. Sedangkan pada pengujian keabsahan data dilakukan dengan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh kesimpulan bahwa peran strategis kepala madrasah dalam optimalisasi pembelajaran oleh guru ini adalah sebagai seorang Leader, Fasilitator, Motivator dan Evaluator kepada para tenaga pendidik yang ada di madrasah tersebut dan sudah dilaksanakan. Beliau memiliki kepribadian dan kemampuan yang baik untuk memimpin dan membimbing para guru agar melaksanakan tugasnya dengan maksimal dan memberi contoh keteladanan yang baik. Dalam meningkatkan profesionalitas tenaga kependidikan, yaitu dengan melakukan edukasi dan menyediakan wadah pembekalan dan pemberian pengetahuan kepada para guru baik dari segi pendidikan umum dan juga dari segi pendidikan agamanya dalam kurun waktu setiap semester, lalu diadakan rapat kordinasi bulanan dan penyaluran informasi yang Up to Date sedini mungkin. Sebagai supervisor, beliau melakukan tinjauan secara langsung di lingkungan madrasah untuk melihat bagaimana proses keberlangsungan pembelajaran yang dilakukan guru guna mengetahui metode, media, interaksi serta kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran yang kemudian akan dievaluasi untuk perbaikan mutu pendidikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Optimalisasi, Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Feb 2023 05:27
Last Modified: 22 Feb 2023 05:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17668

Actions (login required)

View Item View Item