Permainan Tradisional Pasar-Pasaran Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di RA Nurul Ummi Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhan Batu

Simbolon, Arba Yunita (2022) Permainan Tradisional Pasar-Pasaran Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di RA Nurul Ummi Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhan Batu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER-3[1].pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiiki tujuan untuk mengetahui proses permainan Tradisisonal Pasar-pasaran anak usia 4-6 tahun, untuk mengetahui perilaku anak ketika melakukan permainan Tradisional Pasar-pasaran pada usia 4-6 tahun dan untuk mengetahui pandangan guru terhadap permainan Tradisional Pasar-pasarn pada anak usia 4-6 tahun di RA Nurul Ummi Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu. Jenis Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini digunakan untuk mendalami berbagai aspek yang akan diteliti yaitu perilaku dan proses bermain. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi, wawancara dengan beberapa guru dan lembar observasi dalam mengumpulkan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan kegiatan permainan pasar-pasaran tradisional yang dilakukan di RA Nurul Ummi memiliki beberapa tahapan diantaranya: (1) membuat perencanaan kegiatan yang terdiri dari RPPH, SOP Pelaksanaan, tujuan pembelajaran, (2) menetukan lokasi kegiatan, (3) mempersianpkan alat dan bahan, (4) menentukan peran anak pembeli dan penjual, (5) Menginformasikan aturan main, dan (6) pelaksanaan kegiatan. Perilaku anak ketika melakukan kegiatan permainan pasar-pasaran tradisional yaitu: (1) anak menunjukkan sikap kreatif (2) melatih aspek motorik halusnya (3) melatih kognitifnya mulai dari mengelompokkan jenis dagangan, berfikir logis, berhitung jumlah dagangan maupun pendapatan yang diterimanya dan mengenal bentuk, (4) budaya antri (5) meningkatkan komunikasi atau bahasa anak, (6) sosial anak akan berkembang seperti akan lebih akrab dengan temannya maupun mengenal teman baru dari kelas yang berbeda, dan (7) Membereskan tempat bermain.Pandangan guru terhadap permainan ini yaitu guru menganggap permainan ini baik untuk membentuk kemampuan motorik halus anak, membantu bersosial seperti berkomunikasi dengan baik dan mengenal temannya lebih dekat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permaian Tradisional, Pasar-pasaran, Perilaku Anak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Feb 2023 09:12
Last Modified: 13 Feb 2023 09:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17416

Actions (login required)

View Item View Item