Metode Pembelajaran Bermain Peran Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Di Mts. Taman Pendidikan Islam Kabupaten Asahan

Wardani, Wilda (2022) Metode Pembelajaran Bermain Peran Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Di Mts. Taman Pendidikan Islam Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (SKRIPSI WILDA WARDANI).pdf

Download (674kB)
[img] Text
BAB 1 (SKRIPSI WILDA WARDANI).pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB 2 (SKRIPSI WILDA WARDANI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 (SKRIPSI WILDA WARDANI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 (SKRIPSI WILDA WARDANI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 (SKRIPSI WILDA WARDANI).pdf

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (SKRIPSI WILDA WARDANI).pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Seiring berkembangnya zaman, semakin menuntut pula adanya pembaharuan teknologi dan telekomunikasi yang dapat berpengaruh kepada pergeseran antara nilai serta norma yang berlaku di masyarakat. Hal ini dapat membawa dampak pula bagi remaja khususnya dalam aspek pola pikir dan tingkah laku terlebih lagi jika menyinggung tentang konteks reproduksi. Tidak sedikit pula pemuda yang ikut andil untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat membawa resiko terhadap perilaku seksual yang berujung membawa petaka yang tentunya tidak baik untuk dilakukan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang adanya pengaruh dari edukasi kesehatan melalui menggunakan metode bermain peran di MTs. Taman Pendidikan Islam Kabupaten Asahan. Metode : Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan quasi eksperimental melalui konsep one group pretest dan posttest design. Sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 responden yang berada di MTs. Taman Pendidikan Islam Kabupaten Asahan. Hasil Penelitian : Hasil analisis bivariat dengan uji wilcoxon menggambarkan terjadi peningkatan hasil pada aspek pengetahuan serta sikap pada peserta didik setelah dilakukan intervensi berupa metode bermain peran seputar kesehatan reproduksi pada remaja dengan p <0,001. Kesimpulan : Metode pembelajaran bermain peran terbukti efektif untuk digunakan sebagai salah satu alternatif dalam upaya peningkatan aspek pengetahuan serta sikap pada remaja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Bermain Peran (Role Playing), Kesehatan Reproduksi Remaja
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:43
Last Modified: 02 Feb 2023 02:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17250

Actions (login required)

View Item View Item