Manajemen Fundraising Dalam Meningkatkan Kepercayaan Muzakki Pada Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Cabang Sumatera Utara

Munthe, Rahmad Nur (2022) Manajemen Fundraising Dalam Meningkatkan Kepercayaan Muzakki Pada Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Cabang Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER Rahmad.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Rahmad.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB II Rahmad.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Rahmad.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Rahmad.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Rahmad.pdf

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Rahmad.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peneltian ini untuk mengetahui manajemen fundraising dalam meningkatkan kepercayaan muzakki pada Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Cabang Sumatera Utara, yang bertujuan untuk mengetahui program-program Dompet Dhuafa Cabang Sumatera Utara, manajemen fundarising yang diterapkan Dompet Dhuafa Cabang Sumatera Utara dalam menigkatkan kepercayaan muzakki dan faktor pendukung dan penghambat Dompet Dhuafa dalam meningkatkan kepercayaan muzakki. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan tekhnik analisisnya adalah deskriptif kualitatif, dengan menjabarkan secara sistematis hasil wawancara dan pengamatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, program-program Dompet Dhuafa Cabang Sumatera Utara terdapat 4 pilar, yaitu pilar ekonomi dan pemberdayaan, pilar pendidikan, pilar sosial dan dakwah, serta pilar kesehatan. Kedua, manajemen yang diterapkan Dompet Dhuafa Cabang Sumatera Utara dalam meningkatkan kepercayaan muzakki adalah, dari segi pelaksanaan dilakukan dengan komunikasi, pelayanan dan metode langsung (direct fundraising) serta metode tidak langsung (indirect fundraising). Sedangkan dari segi evaluasi yang diterapkan Dompet Dhuafa Cabang Sumatera Utara meliputi evaluasi mingguan, bulanan, per semester dan tahunan. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kepercayaan muzakki yaitu faktor pendukung seperti, tersebarnya informasi Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa, mempunyai program unggulan dan banyaknya mitra komunitas. Sedangkan faktor penghambat seperti, kurangnya komunikasi promosi, pemahaman tentang zakat masih rendah, dan muzakki memiliki penyaluran zakat sendiri.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Fundraising, Kepercayaan, Dompet Dhuafa.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 26 Jan 2023 04:46
Last Modified: 26 Jan 2023 04:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17015

Actions (login required)

View Item View Item