Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Bahasa Arab Berbasis Teori Strukturalisme Untuk Mengidentifikasi Kalimat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas 3 MTs Al-Washliyah Tebing Tinggi

Ritonga, Abdillah Rofiif Fatin (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Bahasa Arab Berbasis Teori Strukturalisme Untuk Mengidentifikasi Kalimat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas 3 MTs Al-Washliyah Tebing Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER Abdillah Rofiif.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Abdillah Rofiif.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB II Abdillah Rofiif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)
[img] Text
BAB III Abdillah Rofiif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)
[img] Text
BAB IV Abdillah Rofiif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Abdillah Rofiif.pdf

Download (450kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Abdillah Rofiif.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pembuatan buku saku bahasa Arab untuk mengidentifiksi kalimat bahasa Arab. validasi buku buku saku bahasa Arab untuk mengidentifiksi kalimat bahasa Arab dan hasil uji coba untuk kelas III di Madrsah Tsanawiyah AL-Washliyah Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan rumus Nilai Rata- rata dan rumus N Gain Score untuk peningkatan hasil belajar. Langkah pembuatan buku nahwu dasar ini adalah dengan menganalisis produk yang akan dikembangkan, mendesain produk, mengembangkan produk, uji coba lapangan dan evaluasi produk akhir. Buku nahwu dasar ini sudah valid untuk digunakan dibuktikan dengan hasil penilaian dari hasil validasi ahli materi 98 %, dari hasil validasi ahli media 80 % dan dari dari angker respon siswa 88 %. Adapun Uji coba dilakukan dengan pemberian soal Pre Test dan Post Test pada dua kelas yang berbeda yaitu kelas eksperimen pada kelas 3.3 dan kelas kontrol pada kelas 3.6 sebagai kelas kontrol. Hasil yang didapat adalah kelas eksperimen pada kelas 3.3 mendapatkan hasil pre-test 43,3 % dan hasil posttest 81,5% dengan peningkatan 0,6. Sedangkan kelas kontrol pada kelas 3.6 mendapatkan hasil pre-test 45,5% dan hasil posttest 52,9 % dengan peningatan 0,1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic (Bahasa Arab)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:16
Last Modified: 05 Jan 2023 08:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16855

Actions (login required)

View Item View Item