Aliya, Diana (2021) Metode Pembelajaran Pada Lembaga Pendidikan Tinggi Kader Ulama (PTKU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Skripsi_Asli_Diana_Aliya Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Skripsi_Asli_Diana_Aliya BAB I.pdf Download (531kB) |
|
Text
Skripsi_Asli_Diana_Aliya BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Skripsi_Asli_Diana_Aliya BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
|
Text
Skripsi_Asli_Diana_Aliya BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) |
|
Text
Skripsi_Asli_Diana_Aliya BAB V.pdf Download (228kB) |
|
Text
Skripsi_Asli_Diana_Aliya Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada Lembaga Pendidikan Tinggi Kader Ulama (PTKU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara dengan fokus penelitian: (1) perencanaan metode pembelajaran; (2) penerapan metode pembelajaran oleh tenaga pendidik ketika proses pembelajaran; (3) kelebihan dan kekurangan pada metode pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pada pendekatan fenomenologi. Pada proses pengumpulan data menggunakan tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah terkumpul, data tersebut dianalisis dengan Teknik reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi data. Dari penelitian ini didapatlah hasil penelitian berupa: (1) tidak ada RPP sebagai perangkat perencanaan metode pembelajaran; (2) penerapan metode pembelajaran pada PTKU MUI Sumut menggunakan beberapa metode pembelajaran, yaitu sorogan, bandongan, ceramah, penugasan (resitasi), diskusi, dan demonstrasi; dan (3) kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran di PTKU MUI Sumut, salah satunya pada metode bandongan, sorogan, ceramah, hafalan, dan diskusi (kitab kuning) kelebihannya: pemilihan metode pembelajarannya tepat. Indikatornya adalah dosen menggunakan metode sorogan, bandongan, dan ceramah pada pembelajaran tauhid. Adapun kekurangannya suasana pembelajaran pasif. Indikatornya adalah penerapan metode pembelajaran klasik pada pembelajaran lebih banyak diperankan oleh dosennya.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Pendidikan Tinggi Kader Ulama (PTKU), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 05 Nov 2022 08:14 |
Last Modified: | 05 Nov 2022 08:14 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16215 |
Actions (login required)
View Item |