Pengaruh Pembelajaran Mahfuzot Terhadap Akhlak Santri kelas VII di MTS Pesanteren Al mukhlisin Tanjung Morawa

Gayumi, Nindya (2021) Pengaruh Pembelajaran Mahfuzot Terhadap Akhlak Santri kelas VII di MTS Pesanteren Al mukhlisin Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skripsi nindy 1.pdf

Download (663kB)
[img] Text
SKRIPSI NINDY 2.pdf

Download (278kB)
[img] Text
SKRIPSI NINDY 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] Text
SKRIPSI NINDY 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
SKRIPSI NINDY 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
SKRIPSI NINDY 6.pdf

Download (241kB)
[img] Text
SKRIPSI NINDY 7.pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran mahfuzot di pondok pesantren Al-mukhlisin dan akhlak santri di pondok pesantren tersebut, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran pembelajaran mahfuzot dalam membentuk akhlak santri di pondok pesantren al-mukhlisin tanjung morawa. Sehingga dapat di peroleh presentasi sejauh mana pembelajaran mahfuzot ini berpengaruh terhadap akhlak santri dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni semester genap tahun 2020 sampai selesai. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dimana merupakan sebuah metode penelitian kuantitatif menggunakan statistika sebagai pencari kebenaran, dimana penyajian data di fokuskan pada angka-angka. Sunjek dalam penelitian ini adalah santri kelas 7 mts pondok pesantren al-mukhlisin tanjung morawa yaitu sebanyak 30 orang. Alasan penulis mengambil sampel di kelas 7 mts karena kelas 7 tersebut mulai mempelajari pelajaran mahfuzot tersebut. Berdasarkan pembatasan diatas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut; bagaimana pengaruh pembelajaran mahfuzot, bagaimana akhlak santri dan bagaimana pengaruh pembelajaran mahfuzot terhadap akhlak santri kelas 7 pondok pesantren al-mukhlisin. Dan adapun hasil penelitian ini bahwa dari perhitungan koefesien determinasi, diketahui nilai koefesien determinasi sebesar 45%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel X (pembelajaran Mahfuzhat) mempengaruhi atau memberi kontribusi yang positif terhadap variabel Y (akhlak santri) sebesar 45%. Adapun sisanya adalah faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi akhlak santri dan hal itu tidak diteliti oleh penulis. Dengan membandingkan besarnya rxy dengan rtabel maka dapat diinterpretasikan bahwa rxy>rtabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan pembelajaran Mahfuzhat dengan akhlak santri.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Oct 2022 04:07
Last Modified: 20 Oct 2022 04:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16083

Actions (login required)

View Item View Item