PENGARUH PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MIS AL-IQRA’ MEDAN BELAWAN

YUSNI, APRILIA (2018) PENGARUH PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MIS AL-IQRA’ MEDAN BELAWAN. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Image (Sampul)
COVER.pdf - Cover Image

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan penggunaan pendekatan Active Learning, 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan penggunaan pendekatan konvensional, 3) pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Active Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment (eksperimen semu). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 40 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 10 soal yang telah validkan ke dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu t-test. Temuan penelitian ini sebagai berikut : 1) hasil belajar IPS pada kelas eksperimen (IVB) dengan menggunakan pendekatan Active Learning mata pelajaran IPS rata-rata post test 85. 2) hasil belajar IPS pada kelas kontrol (IVA) dengan menggunakan pendekatan konvensional mata pelajaran IPS rata-rata post test 66. Berdasarkan hasil rata-rata post test bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan Active Learning memiliki hasil belajar yang lebih baik dibanding kelas kontrol. 3) berdasarkan uji statistik t pada data post test bahwa diperoleh pendekatan Active Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,097 > 2,024 (n=20) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Active Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV MIS Al-Iqra’ Medan Belawan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pendekatan Active Learning, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pengguna yang mendeposit: Iqlima Iqlima
Date Deposited: 13 Dec 2018 04:07
Last Modified: 13 Dec 2018 04:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4963

Actions (login required)

View Item View Item