Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri di Kelas IV MIS Nidaul Insan Desa Tengah Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang Tahun Prlajaran 2017/2018

Rohana, Siti (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri di Kelas IV MIS Nidaul Insan Desa Tengah Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang Tahun Prlajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Image (Cover)
COVER.docx - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.docx - Accepted Version

Download (971kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I.docx - Accepted Version

Download (36kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.docx - Accepted Version

Download (106kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.docx - Accepted Version

Download (71kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.docx - Accepted Version

Download (87kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.docx - Accepted Version

Download (20kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.docx - Accepted Version

Download (16kB)

Abstract

Pembelajaran matematika adalah suatu proses belajar mengajar yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreativitas berpikir siswa, serta dapat meningkatkan kemampuan mengontruksi pengetahuan baru sebagai upaya meningkatkan penguasa yang baik terhadap materi matematika. Pada dasarnya guru mengajar pelajaran Matematika hanya dengan menggunakan metode konvesional (ceramah dan penugasan), sehingga siswa mudah merasa bosan dan takut pada proses belajar mengajar. Hasil belajar merupakan pencapaian tujuan pendidikan pada siswa yang mengikuti proses belajar mengajar. Strategi pembelajaran inkuiri merupakan bentuk dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada siswa (student centered approach), karena dalam strategi ini siswa memegang peran yang sangat dominan dalam proses pembelajaran. Penilaian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa melalui penerapan strategi inkuiri (2) apakah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan (3) aktivitas belajar siswa pada penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada materi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Nidaul Insan Desa Tengah sebanyak 13 Siswa, perlakuan yang diberikan kepada subjek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika melalui Pembelajaran strategi inkuiri. Sesuai dengan jenis penelitian ini. Penelitian Tindakan Kelas, maka penelitian ini memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan relaksasi. Dan kegiatan ini memiliki tigas sikulus, yaitu Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II. Analisa data menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan strategi inkuiri efektif, hal ini terlihat dari presentase tingkat ketuntasan belajar matematika secara klasikal yaitu sebelum diterapkan strategi pembelajaran inkuiri tidak terdapat siswa yang tuntas atau dengan presentase ketuntasan klasikal 0% dengan nilai rata-rata 40,00, hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran inkuiri yaitu pada siklus I, siswa yang tuntas berjumlah 8 siswa dengan presentase ketuntasan klasikal 61,53% dengan nilai rata-rata 66,92, selanjutnya pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 11 siswa atau dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 84,61% dengan nilai rata-rata 80,00. Hal ini menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai tingkat ketuntasan belajar secara klasikal 84,61%. Kata kunci : Inkuiri dan Hasil Belajar Siswa

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Masitha Masitha
Date Deposited: 09 Dec 2018 04:22
Last Modified: 30 Jul 2019 04:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4860

Actions (login required)

View Item View Item