Lubis, Nurhidayah (2018) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET DI KELAS XI IPA MAS AL-JAM’IYATUL WASHLIYAH TEMBUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SAMPUL NURHIDAYAH.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
ABSTRAK NURHIDAYAH.pdf - Accepted Version Download (581kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I NURHIDAYAH.pdf - Accepted Version Download (600kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II NURHIDAYAH.pdf - Accepted Version Download (901kB) | Preview |
|
|
Text (BAB III)
BAB III NURHIDAYAH.pdf - Accepted Version Download (421kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV NURHIDAYAH.pdf - Accepted Version Download (927kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V NURHIDAYAH.pdf - Accepted Version Download (10kB) | Preview |
|
|
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA NURHIDAYAH.pdf - Accepted Version Download (127kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi barisan dan deret di kelas XI MIA MAS Al-Washliyah 22 Tembung. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif-kualitatif. Prosedur penelitian kualitatif ini meliputi: 1) tahap pra lapangan berupa melakukan wawancara dengan guru matematika dan menyusun instrumen penelitian; 2) tahap penelitian meliputi pemberian tes diagnostik, melakukan observasi dan wawancara; 3) tahap analisis data, yaitu mengolah data yang didapat dari lapangan sehingga peneliti dapat menjawab rumusan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di MAS Al-Washliyah 22 Tembung pada kelas XI MIA. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah peneliti sebagai instrumen utama yang dibantu dengan tes diagnostik, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitik. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis Dari 31 siswa yang mencapai TKBK 0, TKBK 1, TKBK 2, dan TKBK 3 masing-masing adalah 22.58%, 41.93%, 29.03% , dan 6.45%. Untuk siswa dengan TKBK 0, siswa tidak mampu memahami masalah, siswa tidak mampu merencanakan ide, siswa tidak mampu melaksanakan ide, dan siswa tidak mampu memeriksa kembali jawaban. Untuk siswa dengan TKBK 1, siswa mampu memahami masalah, siswa mampu merencanakan ide, siswa tidak mampu melaksanakan ide, dan siswa tidak mampu memeriksa kembali jawaban. Siswa dengan TKBK 2, siswa mampu memahami masalah, siswa mampu merencanakan ide, siswa mampu melaksanakan ide, dan siswa tidak mampu memeriksa kembali jawaban. Dan untuk siswa dengan TKBK 3, siswa mampu memahami masalah, siswa mampu merencanakan ide, siswa mampu melaksanakan ide, dan siswa mampu memeriksa kembali jawaban
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah Polya, dan Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis (TKBK) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Pengguna yang mendeposit: | ryan ariandi |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 22:40 |
Last Modified: | 07 Dec 2018 22:40 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4743 |
Actions (login required)
View Item |