KREATIVITAS PEMBERIAN REWARD DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP SWASTA SABILINA TEMBUNG

BAKO, NURHAYATI (2024) KREATIVITAS PEMBERIAN REWARD DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP SWASTA SABILINA TEMBUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover-Lampiran_Nurhayati_Bako.pdf

Download (880kB)
[img] Text
untuk_sipusaka-1.pdf

Download (340kB)
[img] Text
untuk_sipusaka_(2).pdf

Download (241kB)
[img] Text
untuk_sipusaka_(3).pdf

Download (440kB)
[img] Text
untuk_sipusaka_(4).pdf

Download (231kB)
[img] Text
untuk_sipusaka_(5).pdf

Download (705kB)

Abstract

belajaran PAI dan juga terkait dampak pemberian reward dalam pembelajaran PAI terhadap siswa-siswi di SMP Swasta Sabilina Tembung. Pemberian reward ini dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi yang merupakan jenis penelitian di mana penelitian ini melibatkan penyelidikan ilmiah terhadap peristiwa yang dialami oleh individu dan kelompok. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa bentuk kreativitas pemberian reward yang dilaksanakan oleh guru PAI dalam pembelajaran di dalam kelas di SMP Swasta Sabilina Tembung yaitu berupa reward materi dan non materi. Reward materi yaitu reward hadiah (berupa uang jajan yang dibertikan kepada siswa-siswi yang berhasil menjawab quiz) dan reward nilai, sedangkan reward non-materi berbentuk abstrak yaitu kalimat pujian dan tepuk tangan yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada siswa berprestasi agar mereka tetap bersemangat dalam mempertahankan dan meningkatkan prestasi mereka. Dampak pemberian reward yang dilaksanakan oleh guru PAI terhadap siswa berdampak positif terhadap perkembangan kognitif di pembelajaran PAI sehari-hari. Hal ini sesuai dengan hasil temuan peneliti di lapangan bahwa perbedaan sebelum dilaksanakan pemberian reward dan sesudah dilaksanakan pemberian reward ini di 3 kelas yang berbeda sangat signifikan dan terdapat perbedaan yang sangat terlihat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 11 Feb 2025 08:27
Last Modified: 11 Feb 2025 08:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25370

Actions (login required)

View Item View Item