Upaya Guru PAI Dalam Membentuk Tanggung Jawab Ibadah Siswa di SMP PAB 21 Pematang Johar

Nasution, Putri Pitasari (2024) Upaya Guru PAI Dalam Membentuk Tanggung Jawab Ibadah Siswa di SMP PAB 21 Pematang Johar. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_PUTRI_merged_(1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_PUTRI_2.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB_II_PUTRI_.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB_III_PUTRI1.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB_IV_PUTRI.pdf

Download (924kB)
[img] Text
BAB_V_PUTRI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_PUTRI_.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Kondisi tanggung jawab ibadah siswa di SMP PAB 21 Pematang Johar. 2). Upaya yang di lakukan guru PAI dalam fungsinya sebagai Motivator untuk membentuk tanggung jawab ibadah siswa di SMP PAB 21 Pematang Johar. 3). Upaya yang dilakukan guru PAI dalam fungsinya sebagai Fasilitator untuk membentuk tanggung jawab ibadah siswa di SMP PAB 21 Pematang Johar. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif deskriftif yaitu suatu cara penelitian dengan memecahkan suatu masalah melalui penyelidikan yang menggunakan cara menceritakan kejadian yang terjadi di lapangan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa 1). Kondisi tanggung jawab ibadah siswa di SMP PAB 21 Pematang Johar belum la memenuhi kriteria untuk bisa dikatakan memiliki tanggung jawab iabdah shalat siswa masih belum baik dalam menanamkan tanggung jawab ibadah siswa. 2). Dari hasil penelitian di ketahui bahwa dalam funsinya sebagai Motivator yang di lakukan guru PAI untuk membentuk tanggug jawab shalat siswa di SMP PAB 21 Pematang Johar belum sepenuhnya memenuhi kriteria dalam fungsinya sebagai motivator yaitu Bersikap terbuka/mendorong, Memahami, Menciptakan hubungan yang serasi, Menanamkan, ibadah kepada Allah. 3). Dari hasil penelitian di ketahui bahwa dalam fungsinya sebagai Fasilitator yang di lakukan guru PAI untuk membentuk tanggung jawab ibadah shalat di SMP PAB 21 Pematang Johar sudah memenuhi kriteria dalam fungsinya sebagai fasilitatoryaitu Bersikap. menghadapi, menghargai, memahami karakter, dekat dan akrab, kooperatif, kewibawaan. Memihak, sikap terbuka, energik dan bersikap positif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 10 Feb 2025 07:42
Last Modified: 10 Feb 2025 07:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25252

Actions (login required)

View Item View Item