Rizky, Ridho (2024) Pengaruh Media Kartu Pantun Terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas V SD Negeri Sidodadi Kecamatan Kejuruan Muda. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
COVER_SKRIPSI_RR.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_1_SKRIPSI_RR.pdf Download (427kB) |
![]() |
Text
BAB_2_SKRIPSI_RR.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text
BAB_3_SKRIPSI_RR.pdf Download (555kB) |
![]() |
Text
BAB_4_SKRIPSI_RR.pdf Download (521kB) |
![]() |
Text
BAB_5_SKRIPSI_RR.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI_RR.pdf Download (811kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kemampuan keterampilan menulis siswa di kedua kelas kontrol dan eksperimen sebelum penerapan pembelajaran menggunakan media kartu pantun di kelas V SD Negeri Sidodadi. Penelitian ini juga menemukan bahwa media kartu pantun dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Penelitian ini melibatkan 50 siswa dari kelas V Sekolah Dasar Negeri Sidodadi Kecamatan Kejuruan Muda, yang terdiri dari 2 kelas: kelas eksperimen (IV-B) dan kelas kontrol (IV-A), masing-masing dengan 25 siswa masing-masing. Tes tertulis yang terdiri dari tujuh soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam materi pantun. Perangkat lunak yang dipakai untuk melakukan analisis data dan uji statistik yaitu SPSS 27.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis pantun di SD Negeri Sidodadi ini sangat dipengaruhi oleh adanya media kartu pantun. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa perlakuan kelas eksperimen memiliki pengaruh, karena nilai sig. (2-gagal) kelas eksperimen 0,000 kurang dari 0,05, sehingga Ha dan Ho diterima pada tingkat α = 0,05. Untuk penelitian yang akan datang, penelitian ini harus ditambah dengan penelitian mendalam tentang topik lain yang sebelum diteliti.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 07:31 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 07:31 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |