Partisya, Nesta Marienty (2024) Pengembangan Media Tangram Materi Bangun Datar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas II MIS Ikhwanul Muslimin. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.
![]() |
Text
SKRIPSI_NESTA_MARIENTY_PARTISYA_FIX_(0306203079)-1-16.pdf Download (999kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_NESTA_MARIENTY_PARTISYA_FIX_(0306203079)-17-31.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_NESTA_MARIENTY_PARTISYA_FIX_(0306203079)-32-46.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_NESTA_MARIENTY_PARTISYA_FIX_(0306203079)-47-68.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_NESTA_MARIENTY_PARTISYA_FIX_(0306203079)-69-92.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_NESTA_MARIENTY_PARTISYA_FIX_(0306203079)-93-94.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_NESTA_MARIENTY_PARTISYA_FIX_(0306203079)-95-131_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengembangan Media Tangram Materi Bangun Datar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas II MIS Ikhwanul Muslimin” dan didasari oleh fenomena pembelajaran yang masih berpusat pada guru, tidak tersedianya media pembelajaran, dan minat belajar yang masih rendah sehingga membuat suasana kelas kurang menyenangkan dan akhirnya mengantuk. Media tangram merupakan salah satu permainan edukatif yang bisa meningkatkan minat belajar dalam materi bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media tangram untuk meningkatkan minat belajar matematika. Materi ajar yang disajikan dalam pengembangan ini adalah bangun datar kelas II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dikelas II-A MIS Ikhwanul Muslimin. Prosedur pengembangan media tangram dalam penelitian ini mengacu pada penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE, yang melalui tahapan : Analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, isi angket atau kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi, angket, dan tes. Semua instrumen yang digunakan telah melalui tahap validasi oleh ahli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kevalidan ahli materi memperoleh skor 75% kategori valid, kemudian validasi ahli media memperoleh skor 98% kategori sangat valid, kedua skor dirata-rata kan agar memperoleh skor akhir validasi, maka hasil akhir dari validasi sebesar 86,5% kategori sangat valid. Berdasarkan hasil kepraktisan media tangram yang diperoleh dari respon peserta didik yang berjumlah 26 siswa sebesar 98% kategori sangat praktis, kemudian dari respon pendidik memperoleh skor sebesar 96% kategori sangat praktis, sehingga nilai rata-rata yang diperoleh dari kedua responden kepraktisan sebesar 97%. Sedangkan tingkat keefektifan dengan menggunakan rumus N-Gain dan memperoleh nilai rata-rata N-Gain score mencapai skor 0,88 yang dipersenkan menjadi 88% dengan kategori tinggi. Dengan demikian, pengembangan media tangram termasuk sangat efektif untuk meningkatkan minat belajar matematika.
Jenis Item: | Skripsi (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 01:57 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 01:57 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24931 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |