Implementasi Pembelajaran Tahfidz Dalam Mengembangkan Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Fajar Medan Denai

Arief Tiara Putri, Apriliana (2024) Implementasi Pembelajaran Tahfidz Dalam Mengembangkan Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Fajar Medan Denai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
Skripsi_Apriliana_Arief_Tiara_Putri_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Apriliana_Arief_Tiara_Putri_BAB_I.pdf

Download (765kB)
[img] Text
Skripsi_Apriliana_Arief_Tiara_Putri_BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Apriliana_Arief_Tiara_Putri_BAB_III.pdf

Download (441kB)
[img] Text
Skripsi_Apriliana_Arief_Tiara_Putri_BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Apriliana_Arief_Tiara_Putri_BAB_V.pdf

Download (541kB)
[img] Text
Skripsi_Apriliana_Arief_Tiara_Putri_Daftar_Pustaka_dan_Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) implementasi pembelajaran tahfidz dalam mengembangkan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di RA Al-Fajar Medan Denai. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran tahfidz dalam mengembangkan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di RA Al-Fajar Medan Denai Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang melibatkan 2 orang guru di kelompok B dan kepala sekolah, data yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran tahfidz dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA AlFajar Medan Denai dilakukan dengan merancang kurikulum pembelajaran yang jelas dan mengintegrasi pembelajaran tahfidz di dalamnya, memperkenalkan konsepkonsep dasar Al-Qur’an secara bertahap dan menarik, memilih metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran, memberikan latihan menghafal yang teratur dan terstruktur, dan memberikan umpan balik dan penguatan positif kepada anak saat mereka berhasil menghafal ayat. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran tahfidz dalam mengembangkan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di RA Al-Fajar Medan Denai yaitu faktor pendukungnya adalah dukungan manajemen sekolah, kompetensi guru dalam pembelajaran, kerjasama antara guru dan orang tua, lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah terbatasnya waktu pembelajaran yang tersedia di sekolah, kemampuan awal anak yang beragam, kurangnya pemantauan dan evaluasi mengenai pembelajaran tahfidz anak

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 06 Feb 2025 04:26
Last Modified: 06 Feb 2025 04:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24849

Actions (login required)

View Item View Item