Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Materi Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat Ke Indonesia Kelas Viii Mts Al-Wasliyah Selat Besar

Hadi Dalimunthe, Anwar (2024) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Materi Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat Ke Indonesia Kelas Viii Mts Al-Wasliyah Selat Besar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
COVER (12).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I (16).pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB_II (17).pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB_III (18).pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB_IV (18).pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB_V (19).pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA (13).pdf

Download (767kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Materi Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia Kelas VIII Mts Al Wasliyah Selat Besar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (menggunakan uji t). Hasil pengolahan data menunjukkan kelas kontrol memiliki rerata pretest 36,33 dan rerata postest 57,66 sementara kelas eksperimen memperoleh rerata pretest 41,33 dan rerata postest 80,33 sehingga ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw . Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 6,7409>1,6715

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:03
Last Modified: 06 Feb 2025 03:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24825

Actions (login required)

View Item View Item