Lingga, Jeneri Puspita Sari Br. (2023) Pengaruh Pendekatan Joyful Learning Berbatuan Metode Mind Maps Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koordinasi Di Kelas XI MIA SMA NEGERI 1 PANCURBATU. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
Text
COVER_SKRIPSI_JENERI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB_1_SKRIPSI_JENERI.pdf Download (587kB) |
|
Text
BAB_II_SKRIPSI_JENERI.pdf Download (873kB) |
|
Text
BAB_III_SKRIPSI_JENERI.pdf Download (728kB) |
|
Text
BAB_IV_SKRIPSI_JENERI.pdf Download (635kB) |
|
Text
BAB_V_SKRIPSI_JENERI.pdf Download (539kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI_JENERI.pdf Download (544kB) |
Abstract
Pendekatan Joyful Learning adalah suatu proses pendekatan pengajaran yang membuat kelas jadi menyenangkan, dan tidak monoton. Peta pikiran (Mind Maps) merupakan cara mencatat yang kreatif, efektif, dan secara harfiah akan memetakan pikiran-pikiran kita (Buzan,2009). Dalam kombinasi pendekatan dan metode ini maka akan terlihat bagaimana siswa dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Joyful Learning terhadap hasil belajar pada materi sistem koordinasi kelas XI MIA SMA NEGERI 1 PANCURBATU. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain pretest posttest control group design dengan dua kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang berupa pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 22. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan “Independent sample t test dan uji regresi linier sederhana menunjukan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05, dan nilai R² 0,976, maka dapat disimpulkan bahwa H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Terdapat pengaruh pendekatan Joyful Learning berbantuan metode Mind Maps terhadap hasil belajar siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 06:57 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 06:57 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24733 |
Actions (login required)
View Item |