Azmi, Wildan (2024) Pengaruh Media Scrap Box Terhadap Hasil belajar IPS Materi Bencana Alam pada Siswa Kelas IV di SD IT Al-Fatih Bandar Setia. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.
![]() |
Text
1__cover_ok (1).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2__Bab_I (1).pdf Download (482kB) |
![]() |
Text
3__BAB_II (1).pdf Download (647kB) |
![]() |
Text
4__BAB_III (1).pdf Download (616kB) |
![]() |
Text
5__bab_IV_OK.pdf Download (678kB) |
![]() |
Text
6__Bab_V_OK.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text
7__pustaka_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Media Scrap Box Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Bencana Alam Pada Siswa Kelas IV di SD IT Al-Fatih Bandar Setia yang didasari oleh penguasaan siswa terhadap hasil belajar IPS materi bencana alam masih tergolong rendah sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar IPS siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Scrap Box terhadap hasil belajar IPS materi bencana alam siswa pada kelas eksperimen dan tanpa menggunakan media Scrap Box pada kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metodologi penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group desain dengan kelas kontrol dan eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD IT Al-Fatih Bandar Setia yang berjumlah 47 orang yang terbagi dalam 2 kelas dengan jumlah sampel 23 siswa kelompok kontrol dan 24 siswa kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen tes. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas IV SD IT Al-Fatih Bnadar Setia, penggunaan media Scrap Box ternyata memperoleh hasil yang signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pada materi bencana alam. Hal ini melalui uji hipotesis dua arah dengan uji Hasil belajar IPS Materi Bencana Alam siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran. Nilai Sig.(2 tailed) sebesar 0,00 < 0,05, menolak hipotesis nol . Hasil analisis data statistic menunjukkan bahwa hasil belajar IPS materi bencana alam siswa mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajran dengan menggunakan media Scrap box. Rata -rata skor hasil belajar IPS materi bencana alam siswa pada tes awal (pretest) adalah 53,67, sedangkan pada tes akhir (posttest) meningkat menjadi 78,88. Peningkatan rata-rata skor sebesar 25,21 ini menunjukkan bahwa media Scrap Box dapat berpengaruh pada hasil belajar IPS terkhususnya materi bencana alam pada siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 06:04 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 06:04 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |