Rahmadani, Nabilla (2024) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Rantau Selatan. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.
![]() |
Text
COVER_NABILLA_OK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_I_NABILA.pdf Download (771kB) |
![]() |
Text
BAB_II_NABILA_compressed.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB_III_NABILA.pdf Download (737kB) |
![]() |
Text
BAB_IV_NABILA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_V_NABILA.pdf Download (712kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA_NABILA_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Minat belajar siswa pada pelajaran IPS masih rendah dikarenakan beberapa factor diantaranya model pembelajaran yang kurang menarik, dan kurangnya kerukunan antar siswa menyebabkan rendahnya minat belajar. Sistuasi ini menuntut inovasi dalam metode pengajaran.Salah satu pendekatan yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut adalah model pembelajaran cooperative learning Tipe STAD.Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui bagaimana proses pembelajaran mata pelajaran IPS dikelas VII-1 di SMP Negeri 2 Rantau Selatan; (2) mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Rantau Selatan; dan (3) mengetahui apa saja tantangan yang dihadapi guru saat menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Rantau Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : proses pembelajaran IPS dikelas VII-1 menggunakan ceramah dan model cooperative learning tipe STAD, meskipun penerapan nya sedikit berbeda dengan yang semestinya. Akan tetapi model pembelajaran STAD ini tetap berhasil menarik minat belajar siswa karena berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan karena siswa terlihat lebih senang, aktif dan tidak mengantuk mengikuti pelajaran IPS. Tantangan utama adalah waktu yang dibutuhkan untuk pembentukan kelompok dan presentasi kelompok.
Jenis Item: | Skripsi (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 02:45 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 02:45 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24440 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |