Pengembangan Media TUBOPIN Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar

Rahmawati, Adelia (2024) Pengembangan Media TUBOPIN Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_ADELIA.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB_I_Ade.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB_II_Ade.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB_III_Ade.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB_IV_Ade.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB_V_Ade.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_Ade_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terdapat peserta didik yang belum bisa membaca. Penyebabnya yaitu kurangnya penerapan media pembelajaran yang bervariatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media TUBOPIN dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop and Disseminate). Adapun tahapan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu pertama tahap pendefenisian, terdapat lima bagian yaitu analisis awal, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep dan perumusan tujuan pembelajaran. Kedua tahap perancangan, penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format dan desain awal. Ketiga tahap pengembangan, terdapat validasi ahli dan uji coba produk. Keempat tahapan penyebaran, pada tahapan ini menguji coba produk kepada audiens. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II SD Negeri 058128 sebanyak 31 peserta didik. Adapun hasil kevalidan media TUBOPIN ini diuji oleh validitas ahli media dan ahli meteri mendapatkan skor yaitu 90% dengan kategori “Sangat Valid”. Selanjutnya hasil kepraktisan media TUBOPIN diuji dengan angket respon siswa dan guru memperoleh skor 100% dengan kategori “Sangat Praktis”. Selain itu, hasil keefektifan produk media TUBOPIN ini diuji dengan tes lisan dalam bentuk pre-test dan post-test dan nilai yang diperoleh siswa dihitung dengan uji N-Gain Score memperoleh skor 82% dengan kategori “Efektif”, media TUBOPIN efektif digunakan dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa Sekolah Dasar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 30 Jan 2025 06:42
Last Modified: 30 Jan 2025 06:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24199

Actions (login required)

View Item View Item