Harahap, Putri Purnama Sari (2024) Pengembangan Media Puzzle Alphabet Untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas II SDN Kotapinang. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
Text
Cover (2).pdf Download (644kB) |
|
Text
BAB_I (1).pdf Download (241kB) |
|
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB_III.pdf Download (313kB) |
|
Text
BAB_IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB_V.pdf Download (160kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pemakaian media pembelajaran menjadi salah satu alat untuk membantu pendidik dalam mencapai tujuan pembalajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media puzzle alphabet yang valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan untuk mengatasi kesulitan membaca yang dialami oleh siswa-siswi kelas II SDN 07 Kotapinang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan mengikuti alur ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang ahli yang tediri dari 2 dosen dan 1 guru kelas, serta 12 orang siswa kelas II SDN 07 Kotapinang. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket (kuesioner) dengan teknik analisis data adalah teknik deksriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini menujukkan bahwa media puzzle alphabet setelah divalidasi oleh ahli materi mendapatkan nilai persentasi 93,75% dan ahli media mendapatkan nilai persentase 90,38% dikategorikan sangat valid dan layak digunakan untuk peserta didik. Dari hasil angket respon pendidik mendapatkan nilai persentase 97,5% dan hasil angket peserta didik mendapatkan nilai persentasi 89,16%. Serta dari aspek penilaian observasi kemampuan membaca peserta didik mendapatkan nilai persentase 87,16%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media puzzle alphabet untuk mengatasi kesulian membaca siswa kelas II SDN 07 Kotapinang dinyatakan sangat valid, sangat praktisdan efektif.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 06:52 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 06:52 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23195 |
Actions (login required)
View Item |