Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa MIS Al-Yusufiah Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu

Andriani, Dwi (2024) Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa MIS Al-Yusufiah Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_Dwi.pdf

Download (701kB)
[img] Text
BAB_I_Dwi.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB_II_Dwi.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB_III_Dwi.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB_IV_Dwi.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB_V_Dwi.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_Dwi.pdf

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model cooperative script terhadap kemampuan menyimak siswa kelas V MIS AlYusufiah Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini terdiri dari 58 siswa kelas V. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling total, kelas V Safa berperan sebagai kelas eksperimen dan kelas V Marwah sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan meliputi kuesioner dengan lima belas pernyataan, tes pilihan ganda dengan sepuluh pertanyaan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji Independent Sample Test untuk menguji hipotesis. Berdasarkan temuan penelitian, model cooperative script yang digunakan di kelas V (kelas eksperimen) merupakan model pengajaran efektif yang membantu siswa bekerja berpasangan untuk mengembangkan konsep dan pemahaman. Model ini juga meningkatkan keterampilan mendengarkan aktif, akurasi, dan ketepatan siswa dalam menyimak, memberi mereka kesempatan untuk menyampaikan materi, dan memungkinkan mereka mengoreksi dan menjelaskan kesalahan pasagannya secara lisan. Dua puluh satu siswa termasuk dalam kategori tinggi dan delapan siswa termasuk dalam kategori sedang menurut temuan angket respon siswa mengenai pengalaman belajar mereka di kelas eksperimen. Sementara itu, berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran di kelas kontrol, terdapat tujuh siswa yang masuk dalam kategori tinggi dan dua puluh dua siswa yang masuk dalam kategori sedang. Jika dibandingkan kelas V Safa, kemampuan menyimak kelas V Marwah cukup rendah. Hasil hitung skor rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 40,34 dan skor rata-rata posttest sebesar 62,41. Untuk kelas eksperimen, skor rata-rata pretest adalah 29,31 sedangkan skor rata-rata posttest adalah 88,71. Kemampuan menyimak siswa kelas V MIS Al-Yusufiah dipengaruhi oleh paradigma pembelajaran cooperative script, menurut temuan Uji Independent Sample Test yang digunakan untuk menguji hipotesis. Secara khusus, nilai Sig. (2- tailed) adalah 0,00 ˂ 0,05 yang menunjukkan penolakan H0 dan penerimaan Ha.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 14 Jan 2025 04:58
Last Modified: 14 Jan 2025 05:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23184

Actions (login required)

View Item View Item