Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar

Putri, Kurnia (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_Kurnia.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB_I_Kurnia.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB_II_Kurnia.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB_III_Kurnia.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB_IV_Kurnia.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB_V_Kurnia.pdf

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_(BENAR).pdf

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Outdoor Study terhadap keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran IPA di SDIT Nuruz Zaini kabupaten Langkat yang masih tergolong rendah. Salah satu faktor rendahnya keterampilan proses sains siswa disebabkan oleh cara guru dalam proses belajar mengajar, dalam kegiatan belajar mebngajar guru kurang kreatif menggunakan model/metode pembelajaran. Pembelajaran pada hakikatnya merupakan suatu proses interaksi antara guru dengan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen dengan desain tipe pre-test post-test Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 50 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDIT Nuruz Zaini sebanyak 2 kelas, kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dan masing-masing kelas terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrument tes yaitu lembar soal pre-test dan post-test yang terdiri dari indikator keterampilan proses sains. Dari hasil penelitian, terdapat hasil keterampilan proses sains yang signitifikan setelah diterapkannya model pembelajaran Outdoor Study pada materi Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya yaitu dari rata rata nilai pre-test sebesar 61,60 meningkat pada nilai post-test sebesar 86,04. Dalam penelitian ini, setelah dianalisis dengan uji Independent simple t-test menunjukan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran project based leraning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SDIT Nuruz Zaini Kabupaten Langkat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 14 Jan 2025 03:56
Last Modified: 14 Jan 2025 05:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23168

Actions (login required)

View Item View Item