Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Peningkatan Kemampuan HOTS (Higher Order Thinking Skill) pada Mata Pelajaran IPS Materi Ekonomi Kreatif pada Siswa MTs Negeri 1 Medan

Shafira, Adha (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Peningkatan Kemampuan HOTS (Higher Order Thinking Skill) pada Mata Pelajaran IPS Materi Ekonomi Kreatif pada Siswa MTs Negeri 1 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_(2).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (592kB)
[img] Text
Bab_III_(3).pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (354kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui kemampuan HOTS siswa dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori 2) Untuk mengetahui kemampuan HOTS siswa dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Proyek pada mata pelajaran IPS kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Medan. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajran berbasis proyek terhadap peningkatan HOTS siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IX Materi Ekonomi Kreatif di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Medan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode Eksperimen (Quasi Experimental Desain), dan Model Nonequivalent Control Group Design. Yang menjadi populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Medan pada kelas IX-1 berjumlah 31 siswa dan berjumlah 32 siswa tahun pelajaran 2021/2022 semester ganjil. Berdasarkan dari analisis data yang diperoleh : 1) Hasil HOTS (Higher Order Thinking Skills) di kelas kontrol pada proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran ekspositori dapat dilihat hasil rata-rata nilai HOTS (Higher Order Thinking Skills) siswa dengan rata-rata pretest 51,56 sedangkan posttest sebesar 54,06. 2) Hasil HOTS (Higher Order Thinking Skills) di kelas eksperimen pada proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) siswa dengan rata-rata dengan rata-rata pretest sebesar 47,74 dan post test sebesar 80,48. Sehingga memiliki hasil belajar yang lebih baik. 3) Melalui hasil dari pengujian hipotesis hasil Uji Independent Samples t test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata nilai HOTS (Higher Order Thinking Skills) peserta didik antara yang penerapan model pembelajaran bebasis proyek dengan metode ekpositori. Maka dapat di simpulkan Ha diterima. Terdapat pengaruh pada kemampuan HOTS siswa setelah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning/ pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 1 Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning), (HOTS) Higher Order Thinking Skills
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:44
Last Modified: 18 Dec 2023 06:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21775

Actions (login required)

View Item View Item