Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Disiplin Anak Pada Usia 5-6 Tahun Di TK Kartini Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten labuhanbatu TA. 2020/2021

Putri, Yulia Kartika (2021) Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Disiplin Anak Pada Usia 5-6 Tahun Di TK Kartini Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten labuhanbatu TA. 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_YULIA_KARTIKA_PUTRI-1.pdf

Download (941kB)
[img] Text
BAB_I_yulia.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB_II_Yulia.pdf

Download (751kB)
[img] Text
BAB_III_Yulia.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB_IV_Yulia.pdf

Download (805kB)
[img] Text
BAB_V_Yulia.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Pustaka_Yulia.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan guru dalam nilai pendidikan karakter tanggung jawab pada anak usia 5-6 tahun di TK Kartini Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbantu (2) Penerapan guru dalam nilai pendidikan disiplin pada anak usia 5-6 tahun di TK Kartini Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu. (3) Metode apa saja yang digunakan dalam membentuk nilai pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin pada anak usia 5-6 tahun di TK Kartini Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu. (4) Bagaimana hasil yang dicapai dalam implementasi nilai pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin pada anak usia 5-6 tahun di TK Kartini Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dalam penelitian. Subjek dalam penelitian ini ialah Kepala Sekolah, Guru Kelas, dan Anak Usia Dini. Dalam prosedur pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan empat temuan, yaitu: (1) Implementasi nilai pendidikan karakter tanggung jawab pada anak usia 5-6 tahun di TK Kartini Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu berkembang dengan baik, sehingga guru dan peserta didik satu sama lain sama-sama berperan aktif dengan memberikan contoh yang baik supaya peserta didik terbiasa melakukannya untuk bertanggung jawab sebagai seorang peserta didik yang berkarakter baik di sekolah (2) Implementasi nilai pendidikan karakter disiplin pada anak usia 5-6 tahun di TK Kartini Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu selalu membiasakan dengan memberikan contoh yang baik secara terus menerus supaya peserta didik terbiasa melakukannya (3) Metode yang digunakan dalam membentuk karakter tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Kartini Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu menggunakan metode pembiasaan, metode mau’izah atau nasihat sedangkan metode yang digunakan dalam membentuk karakter disiplin menggunakan metode keteladanan (al-Uswah al-Hasanah), metode pembiasaan (ta’widiyyah), dan metode mau’izah atau nasihat (4) Hasil yang dicapai di TK Kartini Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu dalam penerapan nilai pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin pada anak usia 5-6 tahun, anak sering melukukannya dengan baik dari awalnya peserta didik tidak tahu menjadi tahu banyak hal. Perkembangan sosial emosional anak pun juga terlatih dan berkembang sesuai harapan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Tanggung Jawab dan Disiplin
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nadzalya Amalika
Date Deposited: 14 Dec 2023 12:55
Last Modified: 14 Dec 2023 12:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21604

Actions (login required)

View Item View Item